Sukabumi Update

Fenomena Bulan Bintang Berdekatan di Hari Kedua Ramadan, Okultasi Bulan dan Venus?

Ilustrasi. Fenomena Okultasi Bulan dan Venus menjadikan kedua benda langit tersebut terlihat berdempetan | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Fenomena langit yang memperlihatkan bulan berada berdekatan dengan bintang terjadi di hari kedua Ramadan, Jumat, 24 Maret 2023 malam.

Banyak yang membagikan fenomena langit tersebut di media sosial, salah satunya pengguna Instagram dengan nama akun @rosimnyerupa yang sempat mengabadikan fenomena tersebut dan membagikannya di sosial media.

Dalam video yang dibagikan itu terlihat bulan sabit dengan bintang berada di atas kiri bulan. Posisi kedua benda langit tersebut terlihat sangat berdekatan.

Baca Juga: 8 Fenomena Langit Sepanjang Maret 2023, Ada Hujan Meteor dan Oposisi Ceres

“Fenomena Alam, Bulan dan Bintang berdekatan. 2 Ramadhan habis maghrib tadi, Jumat, 24 Maret 2023 di Lampung Tengah” tulis akun tersebut dalam keterangan video tersebut.

Fenomena bulan dan bintang berdekatan seperti itu memang biasa terjadi dan setiap tahun terjadi. Dikutip dari laman Space Tourism Guide peristiwa seperti itu merupakan Okultasi Bulan. Salah satunya terjadi di bulan Maret 2023.

“Jika ada satu tema unik untuk peristiwa astronomi di tahun 2023, itu adalah okultasi bulan. Pada bulan Januari dan Februari ini termasuk Mars, Jupiter, dan Uranus, dan pada bulan Maret, Venus bergabung” tulis laman Space Tourism Guide.

Baca Juga: Fenomena Langit ‘Bulan Cacing’ Bakal Terjadi 7 Maret, Cek Waktunya!

Sementara menurut laman http://edusainsa.brin.go.id/, Okultasi merupakan fenomena dimana objek langit yang berjarak lebih dekat dengan bumi menghalangi objek langit lain yang berjarak lebih jauh dengan planet Bumi.

Okultasi bulan sendiri dapat terjadi setiap tahun dengan planet Merkurius, Venus dan Mars. Okultasi bulan dengan planet Jupiter terjadi setiap tiga tahun sekali.

Okultasi Bulan dan Saturnus terjadi dua sampai lima tahun sekali. Dan Okultasi Bulan dengan planet Uranus dan Neptunus terjadi setiap enam sampai 10 tahun sekali.

Saat fenomena Okultasi terjadi, Bulan dan Planet akan terlihat berdekatan jika dilihat dari Bumi karena Bulan, Bumi dan planet tersebut berada pada garis lurus.

Baca Juga: Ada Mitos di Balik Munculnya Halo Matahari, Fenomena Langka di Langit Sukabumi

Okultasi Bulan dengan Merkurius, Venus dan Mars bisa dilihat dengan mata telanjang dari bumi mengingat ketiga planet tersebut memiliki jarak yang tidak terlalu jauh.

Itulah sedikit ulasan mengenai fenomena Okultasi bulan yang bisa terjadi setiap tahun.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT