Sukabumi Update

Apa Penyebab Perut ‘Keroncongan’ Saat Lapar? Disini Jawabannya

Ilustrasi. Apa Penyebab Perut ‘Keroncongan’ Saat Lapar? Disini Jawabannya (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Apakah kamu pernah bertanya mengapa perut keroncongan saat merasa lapar? Jika iya, maka kamu sedang membaca artikel yang tepat. 

Disini akan ada sedikit penjelasan yang kemungkinan menjawab pertanyaan kamu tentang penyebab perut keroncongan saat lapar.

Melansir dari Science ABC via Tempo.co, diketahui tidak hanya makanan dan cairan yang bergerak dalam sistem pencernaan manusia, gas dan udara juga turut ikut bergerak di dalamnya. 

Baca Juga: Tak Dirawat di Kebun Binatang AS, Panda Ya Ya Akan Kembali ke China 7 April 2023

"Biasanya kebisingan itu adalah gas berlebihan yang bergerak bolak-balik di usus," kata ahli gastroenterologi Laurence Bailen seperti dikutip WebMD.

Suara dari gas dan udara dihasilkan di dalam perut sepanjang waktu, tapi akan lebih keras saat seseorang lapar sehingga mengeluarkan bunyi. Hal itu karena karena tidak ada makanan dalam tubuh. 

Saat tubuh manusia memiliki makanan, suara-suara di dalam perut akan diredam oleh makanan. Sebaliknya, jika tidak ada makanan tentu tidak ada lagi yang meredam semua suara tersebut. 

Baca Juga: Lafaz Allah Jadi Motif Baju Transparan, Brand Fashion dari Australia Tuai Kecaman

Ketika manusia merasa lapar, perut akan mengirim sinyal ke otak untuk membuat sistem pencernaan kembali bekerja. 

Setelah itu, terjadi kontraksi otot dan bila perut kosong, kantong-kantong gas dan gelembung udara akan mengeluarkan suara yang lebih keras. 

Suara itu merupakan tanda jika seseorang sedang merasa lapar dan perut perlu diisi. Jika sudah seperti itu, isilah perut dengan makanan untuk mengisi tenaga dan meredam suara keroncongan di perut.

Baca Juga: Apa Itu PMO? Bahasa Gaul TikTok yang Wajib Diwaspadai

Nah itulah penjelasan mengapa perut keroncongan saat seseorang merasa lapar. Semoga penjelasan diatas membantu dan bermanfaat untuk kamu.

Sumber: Tempo.co (Amelia Rahima Sari)

Editor : Reza

Tags :
BERITA TERKAIT