Sukabumi Update

Siklon Tropis HERMAN di Samudera Hindia, Potensi Hujan dan Angin Kencang di Jabar

Ilustrasi. Siklon Tropis HERMAN terpantau di Samudera Indonesia dan dapat menyebabkan hujan serta angin kencang untuk wilayah Banten dan Jawa Barat | Foto: Pixabay/janeb13

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan adanya siklon tropis HERMAN yang terpantau bergerak di Samudera Hindia.

Mengutip laman BMKG posisi siklon Tropis HERMAN tanggal 30/03/2023 pukul 07:00 WIB berada sekitar 1000 km sebelah selatan barat daya Jakarta (14.4LS, 103.0BT).

Siklon tropis ini bergerak ke arah Timur Tenggara dengan kecepatan kecepatan 12 knots (22 km/jam) menjauhi wilayah Indonesia. Sementara kecepatan angin maksimum siklon tropis HERMAN mencapai 55 knots (100 km/jam).

BMKG memperkirakan dalam 24 jam kedepan siklon tropis ini akan berada sekitar 1120 km sebelah selatan Jakarta dan bergerak ke arah Tenggara menjauhi wilayah Indonesia dengan kecepatan angin maksimum 50 knots (95 km/jam).

Posisi SIklon Tropis HERMAN | Foto: BMKGPosisi SIklon Tropis HERMAN | Foto: BMKG

Dampak Terhadap Cuaca di Indonesia

Siklon tropis HERMAN memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia dalam 24 jam kedepan berupa;

  1. Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang di wilayah Bengkulu, Lampung, Banten, dan Jawa Barat;
  2. Potensi angin kencang mencapai 25 knot di wilayah Pesisir barat Bengkulu, Pesisir Barat dan Selatan Lampung, Pesisir Barat dan Selatan Banten, serta Pesisir Selatan Jawa Barat;
  3. Tinggi Gelombang 1.25 - 2.5 meter di Teluk Lampung, Perairan Bengkulu, dan Perairan selatan Jawa Timur;
  4. Tinggi Gelombang 2.5 - 4.0 meter di Perairan Barat Kep. Mentawai, Perairan Barat P. Enggano,Perairan Barat Lampung, Samudra Hindia barat Kep. Mentawai hingga Lampung, Teluk Lampung bagian Selatan, Selat Sunda bagian Barat dan Selatan, Perairan Selatan Banten hingga Jawa Tengah, Samudra Hindia selatan Banten hingga Jawa Timur.

Sumber: BMKG

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT