Sukabumi Update

Sukabumi Bisa Lihat Gerhana Matahari Hari Ini, Pantengin dari Jam 10.00 WIB!

Ilustrasi. Sukabumi Bisa Lihat Gerhana Matahari, Pantengin dari Pukul 10.00 WIB! (Sumber : via USS Feed)

SUKABUMIUPDATE.com - Gerhana Matahari Hibrida akan terjadi hari ini, Kamis (20/4/2023) bertepatan dengan 29 Ramadan 1444 H.

Melansir dari lama BMKG, diketahui jika jalur Gerhana Matahari Hibrida ini hanya melewati wilayah timur Indonesia (Pulau Kisar ke utara hingga Biak).

Namun jangan khawatir, karena wilayah Jawa Barat, termasuk Sukabumi dapat menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian sekitar pukul 10.40 WIB menurut laporan BMKG di media sosialnya namun Anda bisa menyaksikn live streamingnya mulai pukul 10.00 WIB.

Baca Juga: Cerita Mitos Gerhana Matahari: Ibu Hamil Tak Boleh Keluar Rumah

Gerhana Matahari sendiri adalah sebuah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semua cahayanya sampai ke Bumi. 

Fenomena itu merupakan salah satu akibat pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan yang dinamis. Dan ini hanya terjadi pada saat fase bulan baru sehingga dapat diprediksi sebelumnya.

Untuk Anda warga Jawa Barat termasuk Sukabumi yang ingin menyaksikan Gerhana Matahari Hibrida secara jelas dapat mengklik link ini: https://bit.ly/3V2Kzsd atau https://bit.ly/3LdY1pw

Image

Selain itu, BMKG juga menghimbau agar masyarakat tidak memandang langsung matahari tanpa perlindungan mata jika akan menyaksikan Gerhana Matahari secara langsung.

Editor : Reza

Tags :
BERITA TERKAIT