Sukabumi Update

Kontak Akhir Pukul 12.06 WIB, Melihat Gerhana Matahari di Sukabumi

Kontak Akhir Pukul 12.06 WIB, Melihat Gerhana Matahari di Sukabumi (Sumber : via USS Feed)

SUKABUMIUPDATE.comGerhana Matahari merupakan sebuah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semua cahayanya sampai ke Bumi. Peristiwa tersebut adalah salah satu akibat pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan yang dinamis dan ini hanya terjadi pada saat fase bulan baru sehingga dapat diprediksi sebelumnya.

Sebagaimana dilansir dari akun Instagram resmi Jabar Quick Response/@jabarquickresponse, Gerhana Matahari Hibrida di Indonesia terjadi paling awal di Jawa Barat pada pukul 09.26 WIB dan waktu kontak paling akhir akan terjadi di Papua pada pukul 15.30 WIT.

"Wilayah Jawa Barat yang akan mengalami Gerhana Matahari Sebagian, matahari akan setengah tertutup oleh bulan." tulis keterangan Jabar Quick Response, dikutip Kamis (20/4/2023).

Baca Juga: Pukul 10.43 WIB, Waktu Puncak Gerhana Matahari di Palabuhanratu

Dari ilustrasi Gerhana Matahari di Bandung dan wilayah Jawa Barat pada umumnya, bulan akan menutupi piringan matahari dari arah kiri atas lalu Bergerak ke tengah hingga menutupi setengah matahari saat Puncak Gerhana.

Waktu Melihat Gerhana Matahari di Sukabumi

  • Kontak awal : 09.27 WIB
  • Puncak Gerhana : 10.43 WIB
  • Kontak Akhir : 12.06 WIB
  • Durasi Gerhana Matahari : 2 jam 38 menit

Baca Juga: Keutamaan Sedekah saat Gerhana Matahari, Umat Muslim Wajib Tahu!

Link Live Streaming Gerhana Matahari Hibrida dari BRIN

Melalui akun Instagram resminya, BRIN turut menginformasikan Link Streaming Gerhana Matahari Hibrida bisa diakses mulai pukul 10.00 WIB/12.00 WITA sampai 13.30 WIB/15.30 WITA.

Link Live Streaming Gerhana Matahari Hibrida dari BRIN : https://www.youtube.com/live/fZhOK-kzRcc?feature=share 

Link Live Streaming Gerhana Matahari Hibrida dari BMKG

Sebelumnya diberitakan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga menyediakan fasilitas serupa berupa Link Streaming Gerhana Matahari Hibrida.

Berikut Link Live Streaming Gerhana Matahari Hibrida dari BMKG: https://bit.ly/3V2Kzsd.

Baca Juga: Kontak Awal Mulai Pukul 09.27, Melihat Gerhana Matahari di Sukabumi

Menurut BMKG, jalur Gerhana Matahari Hibrida ini hanya melewati wilayah timur Indonesia (Pulau Kisar ke utara hingga Biak). Sementara untuk Gerhana Matahari Sebagian dapat disaksikan di hampir semua wilayah Indonesia, termasuk di Jawa Barat.

BMKG menghimbau untuk tidak memandang langsung matahari tanpa perlindungan mata jika Updaters akan menyaksikan Gerhana Matahari secara langsung.

Sumber: Jabar Quick Response | BRIN | BMKG

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT