Sukabumi Update

Gunung Anak Krakatau Erupsi, Tinggi Kolom Abu Vulkanik 2.000 Meter

Rekaman CCTV yang memperlihatkan Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi pada Sabtu, 13 Mei 2023. | Foto: PVMBG

SUKABUMIUPDATE.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekam aktivitas erupsi Gunung Anak Krakatau pada Sabtu, 13 Mei 2023 pukul 07:10 WIB. Tinggi kolom letusan abu vulkanik teramati sekitar 2.000 meter dari atas puncak gunung di perairan Selat Sunda, Provinsi Lampung.

Informasi tersebut disampaikan PVMBG di situs resminya. Letusan abu vulkanik teramati sekitar 2.157 meter di atas permukaan laut. "Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 65 mm dan durasi 68 detik," tulis laporan.

PVMBG merekomendasikan masyarakat/pengunjung/wisatawan/pendaki tidak mendekati Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah aktif. Adapun saat ini Gunung Anak Krakatau berada pada level III siaga lantaran memperlihatkan peningkatan aktivitas yang semakin nyata atau mengalami erupsi.

Sebelumnya, PVMBG juga melaporkan aktivitas erupsi Gunung Anak Krakatau pada Jumat, 12 Mei 2023 pukul 23:20 WIB. Tinggi kolom letusan abu vulkanik teramati sekitar 1.500 meter di atas puncak atau sekitar 1.657 meter di atas permukaan laut. Sejak kemarin, masyarakat sudah diimbau tidak mendekati gunung.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT