Sukabumi Update

Ini Perkiraan Harga Bumi Jika Dijual, Bikin Jantungan!

Ini Perkiraan Harga Bumi Jika Dijual, Bikin Jantungan! (Sumber : NASA)

SUKABUMIUPDATE.com - Bumi atau yang sering disebut dengan planet biru adalah planet yang saat ini menjadi tempat tinggal manusia. 

Menjadi satu-satunya planet yang kita ketahui memiliki sebuah kehidupan, tentunya planet bumi adalah planet yang berharga dan tak ternilai harganya.

Bahkan jika seluruh harta manusia dikumpulkan, sepertinya tidak akan pernah cukup untuk membayar segala sumber kehidupan yang ada di planet Bumi.

Baca Juga: Begini Cara Bu Siti Berbagi Jatah dengan 2 Suami Mudanya, Tetap Harmonis

Namun, sebenarnya berapa harga Bumi jika Dijual? Menghimpun dari Tempo.co, simak nilai harga jual bumi yang mencengangkan.

Harga Bumi

5 reasons why you should love Earth

Seorang asisten profesor astronomi dan astrofisika dari Universitas California, Santa Cruz, Amerika Serikat, bernama Greg Laughlin, mengembangkan sebuah rumus khusus yang memungkinkan untuk menghitung harga Bumi. Menurut perhitungannya itu Bumi memiliki harga yang fantastis jika dijual.

Mengutip dari Mentalfloss, Greg Laughlin menaksir Bumi bernilai sekitar US$5 kuadriliun atau US$5.000.000.000.000.000. 

Perhitungan tersebut Laughlin dapatkan setelah ia mengukur massa planet, suhu, usia, dan faktor lain yang berkorelasi langsung dengan kemampuannya mempertahankan kehidupan.

Tidak hanya hanya planet Bumi, Laughlin juga memperkirakan harga planet lain yang ada di Tata Surya. Salah satu planet yang ia perkirakan harganya ketika dijual adalah Mars.

Sayangnya untuk planet ini, Laughlin memperkirakan harga yang hampir sama dengan mobil, yaitu hanya seharga US$16.000 atau setara Rp 237.232.000,00.

Itu pun sudah lebih mahal dibandingkan dengan Venus yang dia taksir hanya dengan harga satu sen.

Laughlin menyatakan tidak berharap jumlah harga tersebut bisa diaplikasikan di dunia nyata. Sebaliknya, dia justru  berharap makin banyak orang untuk lebih menghargai satu-satunya 'rumah' yang mereka kenal yaitu Bumi. 

Laughlin ternyata bukan orang pertama yang memberi harga hipotesis terhadap sesuatu. Sebelumnya, pernah ada orang yang memperkirakan harga Death Star dari Star Wars jika dijual. 

Menurut perhitungan, Death Star dari Star Wars jika dijual memiliki harga US$852 kuadriliun. Harga tersebut tentu lebih banyak daripada perkiraan Laughlin untuk Bumi.

Sumber: Tempo.co (Vivia Agartha F | Rizky Dewi Ayu)

Editor : Reza

Tags :
BERITA TERKAIT