Sukabumi Update

7 Manfaat Tanaman Mangrove, Tak Hanya Jadi Pelindung Pantai

Banyak manfaat tanaman mangrove yang bisa langsung terasa bagi kehidupan manusia terutama di wilayah pesisir | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Tanggal 26 Juli 2023 diperingati sebagai Hari Mangrove Sedunia (Word Mangrove Day) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya ekosistem mangrove dan mendorong upaya pelestariannya.

Mangrove atau bakau adalah ekosistem pesisir yang penting dan berperan dalam menyediakan habitat bagi berbagai spesies dan pelindung pantai.

Tanaman mangrove juga memegang peran penting dalam menjaga biodiversitas dan mempertahankan ekosistem pesisir yang seimbang.

Selain itu, tanaman mangrove juga memberikan berbagai manfaat yang sangat penting bagi ekosistem pesisir dan lingkungan secara keseluruhan. Melansir dari laman menlhk.go.id dan kehati.or.id, berikut beberapa manfaat tanaman mangrove.

Baca Juga: Warga Bilang Pohon Mangrove di Pantai Cikadal Sukabumi Ada yang Menebang

1. Perlindungan pantai

Mangrove berperan sebagai "pelindung" alami pantai, membantu mengurangi erosi akibat gelombang laut dan badai. Akar-akar mangrove yang rapat membantu mengikat tanah dan sedimen, menjaga kestabilan garis pantai.

2. Penyimpan karbon

Mangrove memiliki kapasitas tinggi untuk menyimpan karbon dalam tanah dan biomasa. Ini membantu dalam penyerapan karbon dioksida (CO2) dari atmosfer, membantu melawan perubahan iklim dan pemanasan global.

Baca Juga: Jelajahi Pantai Cikadal Spot Hutan Mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi

3. Pemfilteran air

Sistem akar mangrove berfungsi sebagai filter alami, menyaring air dari limbah dan polutan sebelum mencapai laut. Hal ini membantu menjaga kualitas air di wilayah pesisir dan mencegah polusi.

4. Habitat dan biodiversitas

Hutan mangrove menyediakan habitat yang unik dan penting bagi berbagai spesies tumbuhan dan hewan. Mereka adalah tempat berkembang biak bagi ikan, burung, moluska, dan binatang lainnya. Banyak spesies yang tergantung pada ekosistem mangrove untuk kelangsungan hidup mereka.

5. Sumber makanan dan ekonomi

Masyarakat pesisir sering kali mengandalkan ekosistem mangrove sebagai sumber makanan, seperti ikan, kerang, udang, dan kepiting. Selain itu, beberapa komunitas juga mengandalkan kayu mangrove untuk bahan bangunan dan bahan bakar.

Baca Juga: 4 Manfaat Buah Arbei dan Kandungan Nutrisinya yang Baik untuk kesehatan

6. Pariwisata dan rekreasi

Mangrove menjadi daya tarik pariwisata bagi orang-orang yang ingin menjelajahi ekosistem yang unik dan melihat keanekaragaman hayati yang tinggi. Ekowisata dan aktivitas rekreasi sering kali terjadi di wilayah-wilayah mangrove.

7. Peningkatan produktivitas perikanan

Mangrove berfungsi sebagai tempat berkembang biak bagi ikan dan hewan laut lainnya. Wilayah pesisir dengan ekosistem mangrove yang sehat seringkali memiliki produktivitas perikanan yang lebih tinggi.

Baca Juga: 15 Tips Agar Menjadi Pribadi yang Menyenangkan, Yuk Coba Praktikan!

Itulah beberapa manfaat tanaman mangrove yang penting untuk memahami. Keberadaan mangrove berdampak langsung pada kehidupan manusia dan ekosistem pesisir secara keseluruhan.

Pelestarian dan restorasi hutan mangrove menjadi tindakan penting dalam upaya melindungi lingkungan dan mencapai keberlanjutan ekosistem pesisir.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT