Sukabumi Update

BMKG Sebut Jawa Barat Berpotensi Hujan Lebat dalam Tiga Hari di Pekan Ini

Ilustrasi. BMKG memperkirakan beberapa daerah di Jawa Barat akan mengalami hujan lebat di pekan ini | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan dengan intensitas lebat sampai sangat lebat pada skala lokal akan terjadi minggu ini dari tanggal 31 Juli-6 Agustus 2023. Menurut perkiraan dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG), potensi hujan terjadi pada di hari rabu, kamis, dan sabtu dengan durasi singkat.

Dikutip dari Tempo.co, pada Rabu, 2 Agustus, prakiraan hujan lebat hingga sangat lebat berpotensi di Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Bandung Raya, hingga ke Garut dan Tasikmalaya.

Potensi hujan masih berlanjut pada Kamis, 3 Agustus, di wilayah yang sama. Sementara pada Sabtu, 5 Agustus, potensi hujan lebat mencakup Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Cianjur.

Baca Juga: 30-31 Juli, Fenomena Puncak Hujan Meteor Delta Aquarid dan Alpha Capricornid

Sepekan sebelumnya pada kurun 23-29 Juli 2023, hujan lebat hingga sangat lebat turun di sebagian wilayah Bogor, Karawang, Cianjur, Bekasi, Kabupaten Sukabumi, Subang, dan Sumedang.

Menurut Kepala Stasiun Klimatologi Jawa Barat Rakhmat Prasetia, pada sepekan ke depan diprakirakan beberapa faktor akan berpengaruh terhadap pembentukan awan dan terjadinya hujan di sebagian wilayah Jawa Barat, diantaranya suhu muka laut di sekitar wilayah Indonesia masih relatif hangat. “Khususnya di sebagian perairan utara Jawa Barat,” katanya Minggu, 30 Juli 2023.

Selain itu, gelombang atmosfer tipe Rossby diprakirakan aktif di sekitar wilayah Jawa Barat, dan gelombang atmosfer tipe Kelvin di prakirakan aktif pada awal pekan.

Baca Juga: Pertama Kalinya Ilmuwan Ungkap Aktivitas Vulkanik Gunung Api di Planet Venus

Labilitas lokal diprakirakan signifikan, yakni pada kategori ringan hingga sedang, sehingga mendukung proses konvektif dengan potensi hujan ringan hingga sangat lebat pada skala lokal di sebagian wilayah Jawa Barat.

Sumber: Tempo.co

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT