Sukabumi Update

Fenomena Astronomi 3 Agustus 2023, Pasangan Bulan dan Saturnus Warnai Langit Malam

Pasangan bulan dan planet Saturnus akan mewarnai langit malam 3 Agustus 2023 | Foto: Stellarium

SUKABUMIUPDATE.com - Bulan Agustus akan diwarnai oleh beberapa fenomena astronomi. Fenomena-fenomena tersebut sebagian bisa diamati di langit dengan mata telanjang atau tanpa bantuan alat bantu seperti teleskop.

Salah satu fenomena yang menarik yaitu pasangan Bulan dan planet Sturnus yang akan mewarnai langit malam ini, Kamis, (3/8/2023).

Melansir dari laman Langit Selatan, Bulan dan Saturnus akan tampak berpasangan di langit sejak planet yang terkenal dengan cincinnya itu terbit pukul 19:27 WIB.

Baca Juga: 8 Fenomena Astronomi Bulan Agustus, Ada Hujan Meteor dan Supermoon

Kemudian disusul Bulan yang akan terbit pada pukul 19:33 WIB atau enam menit kemudian. Setelah keduanya berada di langit, Bulan akan tampak berada tiga derajat di selatan Saturnus.

Fenomena ini berlangsung sepanjang malam dan keduanya bisa diamati sampai jelang fajar. Syarat untuk bisa melihat fenomena astronomi ini salah satunya langit dalam keadaan cerah tanpa awan.

Bulan nantinya akan terlihat ditemani oleh planet keenam yang tampak seperti bintang terang di langit.

Planet keenam di tata surya ini bisa diamati sepanjang malam selama bulan Agustus. Saturnus akan terbit saat Matahari terbenam dan terbenam kala Matahari terbit.

Baca Juga: Cincin Bercahaya Saturnus Berhasilkan Diabadikan Teleskop Webb

Ini juga saat terbaik untuk mengamati Saturnus karena piringannya tampak lebih besar dari biasanya. Saturnus bisa diamati di rasi Aquarius.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT