Sukabumi Update

Fenomena Astronomi 30-31 Agustus, Blue Moon yang Ditemani Saturnus

Ilustrasi. Fenomena Astronomi 30-31 Agustus, Blue Moon yang Ditemani Saturnus | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Langit malam pada 30 dan 31 Agustus 2023 akan diwarnai oleh fenomena astronomi yang menarik untuk diamati. Fenomena-fenomena tersebut yaitu blue Moon dan pasangan bulan dengan planet Saturnus.

Melansir dari Space.com, Blue Moon akan terjadi pada akhir Agustus 2023. Namun di Indonesia sendiri, fenomena tersebut akan terjadi tepat di akhir bulan yaitu pada 31 Agustus 2023.

Sementara Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam akun Instagramnya masyarakat bisa melihat Blue Moon pada pukul 20.35 WIB atau 21:35 WITA atau 22:35 WITA.

Baca Juga: 8 Fenomena Astronomi Bulan Agustus, Ada Hujan Meteor dan Supermoon

Selain, fenomena Bulan yang bersinar lebih terang, akhir Agustus juga akan dihiasi oleh fenomena pasangan Bulan dengan Planet Saturnus.

melansir dari laman Langit Selatan, Bulan dan Saturnus tampak berpasangan menghiasi langit malam. Fenomena ini bisa diamati sejak matahari terbenam sampai jelang fajar. Setelah lewat tengah malam, Bulan dan Saturnus tampak terpisah dengan jarak 2º di langit. Keduanya bisa diamati sampai fajar saat Saturnus terbenam pukul 05:47 WIB disusul Bulan pada pukul 05:56 WIB.

Pasangan bulan dan Saturnus | Foto: StellariumPasangan bulan dan Saturnus | Foto: Stellarium

Blue Moon sendiri merupakan istilah yang digunakan dalam astronomi untuk menggambarkan situasi ketika ada dua bulan purnama yang terjadi dalam satu bulan kalender. Seperti yang terjadi di bulan Agustus tahun ini dimana pada tanggal awal Agustus lalu juga terjadi bulan purnama.

Baca Juga: Fakta Menarik Saturnus yang Disebut Sebagai Planet Terindah di Tata Surya

Ini adalah kejadian langka karena siklus bulan purnama sekitar 29,5 hari, sehingga biasanya hanya ada satu bulan purnama dalam satu bulan kalender.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT