Sukabumi Update

Bahaya! Ini yang Akan Terjadi Jika Planet Bumi Tidak Berputar

Ilustrasi. Jika planet Bumi berhenti berputar maka akan menyebabkan hal mengerikan pada kehidupan yang ada di dalamnya (Sumber : Pixabay/colin00B)

SUKABUMIUPDATE.com - Planet Bumi berputar pada sumbunya yang disebut sumbu rotasi. Bumi berotasi menurut laman space.com dengan kecepatan rata-rata sekitar 1670 kilometer per jam pada khatulistiwa.

Rotasi inilah yang menyebabkan pergantian siang dan malam, serta perubahan dalam iklim dan cuaca di seluruh dunia.

Rotasi Bumi menghasilkan gaya sentrifugal yang membantu menjaga bentuknya yang bulat, serta menyebabkan perubahan dalam pola cuaca dan musim di seluruh dunia. Tanpa rotasi Bumi, kondisi di planet ini akan sangat berbeda dan mungkin tidak mendukung kehidupan seperti yang kita kenal hari ini.

Baca Juga: Penampakan Planet di Tata Surya yang Menghiasi Langit September

Merangkum dari berbagai sumber, inilah efek yang akan ditimbulkan saat Planet Bumi berhenti berputar secara tiba-tiba.

1. Perubahan panas dan dingin ekstrem

Tanpa rotasi Bumi, satu sisi planet akan terus terpapar sinar matahari secara langsung sementara sisi lainnya akan selalu dalam kegelapan total. Ini akan menghasilkan perubahan suhu ekstrem di kedua sisi, dengan suhu yang sangat panas di sisi terang dan suhu sangat dingin di sisi gelap.

2. Tidak akan ada siang dan malam

Tanpa rotasi, tidak akan ada perubahan antara siang dan malam. Ini berarti satu sisi Bumi akan selalu dalam siang terang dan satu sisi akan selalu dalam kegelapan total.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Planet Venus, Salah Satunya Matahari Terbit dari Barat

3. Perubahan dalam pola cuaca

Rotasi Bumi berperan penting dalam pembentukan pola cuaca. Tanpa rotasi, tidak akan ada gerakan atmosfer yang berputar, yang dapat mengakibatkan perubahan dramatis dalam pola cuaca global. Hal ini dapat mengakibatkan badai yang sangat besar dan cuaca yang ekstrem di seluruh dunia.

4. Perubahan geografis

Air dan atmosfer Bumi akan terdistribusi ulang secara dramatis karena gravitasi tidak lagi diimbangi oleh gaya sentrifugal dari rotasi. Ini dapat mengubah bentuk daratan dan distribusi lautan di planet ini.

5. Pengaruh pada kehidupan

Kehidupan di Bumi sangat bergantung pada siklus siang dan malam, pola cuaca yang dapat diprediksi, dan variasi suhu harian. Tanpa rotasi, banyak bentuk kehidupan yang ada hari ini mungkin tidak bisa bertahan, dan ekosistem akan mengalami perubahan besar.

Baca Juga: Pertama Kalinya Ilmuwan Ungkap Aktivitas Vulkanik Gunung Api di Planet Venus

Dalam realitasnya, Bumi selalu berputar pada sumbunya, dan rotasi ini adalah salah satu faktor kunci yang mendukung kehidupan di planet ini. Untuk menghentikan rotasi Bumi, diperlukan gaya eksternal yang sangat besar dan tidak mungkin terjadi secara alami.

Dengan kata lain, ide Bumi yang tiba-tiba berhenti berputar hanya dapat ditemukan dalam konteks fiksi ilmiah atau konsep teoretis yang ekstrem.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT