Sukabumi Update

Bulan Berdampingan dengan Saturnus Hiasi Langit Malam, Cek Waktunya

Ilustrasi. Bulan Berdampingan dengan Saturnus Hiasi Langit Malam, Cek Waktunya | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Fenomena Astronomi berupa pasangan Bulan dan planet Saturnus akan menghiasi langit malam hari ini, Rabu (27/9/2023). Planet yang terkenal akan keindahan cincinnya itu akan terlihat seperti bintang terang menemani satelit alami Bumi tersebut.

Melansir dari laman langit selatan, pemandangan Bulan dan Saturnus tampak berpasangan ini bisa diamati setelah Matahari terbenam.

Keduanya bisa diamati sampai dini hari saat Bulan terbenam pukul 03:41 WIB disusul Saturnus yang terbenam setelahnya pada pukul 03:50 WIB. 

Baca Juga: Cincin Bercahaya Saturnus Berhasilkan Diabadikan Teleskop Webb

Fenomena langit ini bisa dilihat tanpa bantuan alat, namun dengan catatan langit malam dalam keadaan cerah.

Planet Saturnus sendiri merupakan planet keenam dari Matahari dan merupakan planet terbesar kedua di Tata Surya setelah Jupiter. Saturnus juga merupakan sebuah raksasa gas yang memiliki radius rata-rata sekitar 9 kali radius rata-rata Bumi.

Jarak terdekat Bumi ke Saturnus adalah 1,2 miliar kilometer, sedangkan jarak terjauhnya yaitu sekitar 1,7 miliar kilometer.

Baca Juga: Fakta Menarik Saturnus yang Disebut Sebagai Planet Terindah di Tata Surya

Bulan dalam posisi Perigee

Selain berpasangan dengan Saturnus, Bulan juga sedang dalam posisi terdekatnya dengan Bumi atau biasa disebut perigee. Bulan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi yakni 359.911 km.

Itulah fenomena langit yang akan menghiasi langit di akhir bulan September 2023 ini.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT