Sukabumi Update

Clean Up di Pantai Loji Sukabumi, Ini 6 Cara Daur Ulang Sampah yang Bisa Digunakan

Ilustrasi. Clean Up di Pantai Loji Sukabumi, Ini 6 Cara Daur Ulang Sampah yang Bisa Digunakan | Foto : SU

SUKABUMIUPDATE.com - Pantai Loji Sukabumi dan sekitarnya viral di media sosial setelah Pandawara Group menggagas aksi clean up (bersih-bersih) pantai yang akan dilaksanakan pada 6-7 Oktober 2023.

Ajakan bersih-bersih di pantai yang berlokasi di Kampung Cibutun, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi tersebut disebar melalui video dalam unggahan akun Instagram @pandawaragroup pada Jumat, 29 September 2023.

Dan sebelum agenda Pandawara Group, Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi mengajak masyarakat, termasuk Pandawara Group, untuk terlibat dalam karya bakti TNI selama empat hari mulai mulai 4-7 Oktober 2023. Hal tersebut sekaligus dalam rangka memperingati HUT TNI ke-78.

Baca Juga: Ada 38 Titik, Rute dan Denah Lokasi Clean Up Pantai Loji Sukabumi 4-7 Oktober

Nah, berbicara mengenai sampah seperti yang mencemari pantai Loji Sukabumi, pastinya tak lepas dari yang namanya daur ulang. Mendaur ulang sampah sendiri adalah proses pengolahan kembali bahan-bahan yang sudah tidak terpakai menjadi produk baru atau bahan yang dapat digunakan kembali.

Tujuannya, tak lain untuk mengurangi jumlah sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA), mengurangi dampak lingkungan, menghemat sumber daya alam, dan mengurangi polusi.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa teknik mendaur ulang sampah yang umum digunakan termasuk bisa diterapkan pada sampah di pantai Loji Sukabumi.

1. Pemilahan Sampah

Langkah awal dalam mendaur ulang adalah pemilahan sampah. Sampah biasanya dibagi menjadi beberapa kategori, seperti kertas, plastik, logam, kaca, dan organik. Ini memungkinkan pengelolaan yang lebih efisien.

Baca Juga: Respons Pandawara usai Video Ajakan Clean Up Pantai Loji Sukabumi Tuai Polemik

2. Pengumpulan Sampah Terpisah

Sampah yang sudah terpisah dapat diangkut dan diproses lebih mudah. Banyak komunitas menawarkan pengumpulan sampah terpisah untuk berbagai jenis bahan daur ulang.

3. Penghancuran dan Pemrosesan

Bahan-bahan seperti kertas, karton, dan kardus dapat dihancurkan menjadi serat-serat dan kemudian diproses menjadi kertas daur ulang. Lalu, plastik bisa dilebur dan dicetak ulang menjadi produk baru.

Sampah logam bisa dicetak ulang menjadi benda-benda logam baru, ataupun sampah bahan Kaca bisa dicetak ulang menjadi kaca daur ulang.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Pantai yang Tercemar, Salah Satunya Seperti Pantai Loji Sukabumi

4. Kompos

Bahan organik seperti sisa makanan dan dedaunan dapat diubah menjadi kompos melalui komposting. Kompos ini dapat digunakan sebagai pupuk untuk tanaman.

5. Proses Kimia dan Biologis

Beberapa jenis sampah seperti baterai, lampu neon, dan elektronik memerlukan pemrosesan khusus karena mengandung bahan berbahaya. Proses kimia dan biologis digunakan untuk menghilangkan zat berbahaya dan mendaur ulang komponen yang berguna.

6. Energi dari Sampah

Beberapa negara di Dunia menggunakan teknologi termal untuk mengubah sampah menjadi energi. Proses ini disebut pembakaran sampah atau pengolahan termal. Sampah dibakar untuk menghasilkan listrik atau panas.

Baca Juga: Pantai Loji Sukabumi Kotor Banyak Sampah, Yuk Kenali 10 Jenis Pencemaran Laut

Mendaur ulang sampah adalah langkah penting dalam menjaga lingkungan dan mengurangi dampak negatif dari limbah seperti yang terjadi di pantai Loji Sukabumi.

Selain itu, ini juga dapat mengurangi kebutuhan akan sumber daya alam baru dan membantu dalam konservasi lingkungan.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT