Sukabumi Update

Gerhana Bulan Sebagian Terjadi Dini Hari Nanti, Kemenag Ajak Umat Muslim Salat Khusuf

Ilustrasi - Kemenag ajak umat Muslim untuk melaksanakan salat Khusuf saat terjadi gerhana bulan sebagian. (Sumber : unsplash.com/@Benjamin Voros).

SUKABUMIUPDATE.com - Fenomena alam Gerhana Bulan Sebagian (GBS) di prediksi akan terjadi pada Minggu 29 Oktober 2023, dini hari. Bertepatan dengan 14 Rabiulakhir 1445 H, Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kementerian Agama Kamaruddin Amin mengajak kepada umat Muslim untuk melaksanakan salat Khusuf.

"InsyaAllah pada Minggu, 29 Oktober 2023 di sebagian wilayah Indonesia akan mengalami gerhana bulan," kata Kamaruddin Amin di Jakarta, Jumat (27/10/2023), sebagaimana dikutip via laman resmi kemenag.

"Karenanya, kami mengajak umat Islam yang mengalami gerhana bulan sebagian untuk melakukan Salat Sunah Khusuf sesuai tuntunan syariah," imbuhnya.

Baca Juga: 11 Ciri Seseorang Memiliki Luka Batin, Apa Kamu Mengalaminya Juga?

Kamaruddin juga menjelaskan, selama terjadi peristiwa Gerhana Bulan Sebagian, umat Muslim disunahkan untuk melakukan beberapa amalan. "Dianjurkan untuk bertakbir terlebih dahulu, memperbanyak zikir, istighfar, sedekah, dan amal-amal kebajikan lainnya," kata Kamaruddin.

Adapun rincian daerah yang dapat melihat GBS, sebagai berikut:

1. Gerhana Bulan Sebagian (GBS) pada kontak Umbra 1 (U1) pada pukul 02:34 WIB sampai kontak Umbra 4 (U4) pukul 03:53 WIB, untuk wilayah berikut ini.

Baca Juga: 11 Ciri-ciri Orang Stres Karena Tekanan Hidup, Kamu Salah Satunya?

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah

2. Gerhana Bulan Sebagian (GBS) pada kontak Umbra 1 (U1) pada pukul 03:34 WITA sampai kontak Umbra 4 (U4) pukul 04:53 WITA, untuk wilayah berikut ini

Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Gorontalo.

Baca Juga: 12 Cara Mengatasi Kelelahan Mental Agar Kembali Semangat Menjalani Hidup

3. Gerhana Bulan Sebagian (GBS) pada kontak Umbra 1 (U1) pada pukul 04:34 WIT sampai kontak Umbra 4 (U4) pukul 05:53 WIT, untuk wilayah Maluku Utara dan sebagian besar Maluku.

4. Gerhana Bulan Sebagian (GBS) pada kontak Umbra 1 (U1) pada pukul 04:34:37 WIT sampai waktu Bulan terbenam di wilayah setempat, dapat dilihat untuk wilayah Papua, sebagian besar Papua Barat

 

 

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT