Sukabumi Update

Bagaimana Proses Tumbuhan Menghasilkan Oksigen? Begini Penjelasannya

Tumbuhan menghasilkan oksigen. | Foto: Freepik.com

SUKABUMIUPDATE.com - Oksigen menjadi salah satu kebutuhan hidup utama hewan dan manusia di Bumi. Dengan adanya oksigen, organ tubuh manusia bisa bekerja dengan semestinya dan manusia mampu beraktivitas.

Manusia perlu berterima kasih kepada tumbuhan, sebab makhluk hidup ini berperan penting dalam menghasilkan oksigen. Lalu bagaimana proses tumbuhan menghasilkan oksigen? berikut penjelasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Proses fotosintesis

Melansir jic.ac.uk, fotosintesis merupakan cara yang dilakukan tumbuhan untuk menghasilkan makanannya sendiri.

Selain menghasilkan makanannya sendiri, fotosintesis juga menghasilkan output sampingan berupa oksigen.

Masih dari sumber yang sama, oksigen merupakan hasil sampingan proses fotosintesis tumbuhan dari serangkaian reaksi kimia sebagai respon dari sinar matahari.

Pada proses fotosintesis, tumbuhan menggunakan sinar matahari untuk karbondioksida (CO2) dan air (H2O) menjadi nutrisi bagi tumbuhan itu sendiri.

Proses kimiawi pada tumbuhan akan memecah ion Hidrogen pada air dan bereaksi dengan karbondioksida sehingga menghasilkan glukosa atau karbohidrat.

Baca Juga: Biar Gak Lemes! Ini 4 Tips Meningkatkan Oksigen dalam Tubuh

Sisa molekul air dan karbondioksida akibat fotosintesis menghasilkan oksigen (O2). Namun karena oksigen tidak terpakai oleh tumbuhan, maka dilepaskan melalui stomata yang berada di bawah daun.

Maka dari itu tumbuhan menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen. Berbeda dengan manusia dan hewan. Oleh karenanya tumbuhan sangat penting untuk kehidupan.

Tumbuhan menyerap oksigen seperti manusia dan hewan

Tumbuhan dikenal menghasilkan oksigen yang berguna bagi manusia dan hewan. Proses penghasilan oksigen ini memanfaatkan sinar matahari.

Lalu apa yang terjadi jika tumbuhan tidak mendapatkan sinar matahari? Melansir kidsgardening.org, bila tidak ada sinar matahari, maka tumbuhan tidak dapat melakukan proses fotosintesis.

Baca Juga: Kadar Oksigen di Samudera Antartika Menurun, Makhluk Laut Dalam Mulai Tercekik

Maka ketika malam hari, sebagian besar jenis tumbuhan tidak mampu menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen. Sehingga tumbuhan akan menyerap oksigen seperti manusia dan hewan.

Namun ada beberapa jenis tumbuhan yang tetap melakukan proses fotosintesis di malam hari contohnya adalah kaktus dan lidah mertua.

Sebenarnya pada siang hari, tumbuhan juga seperti manusia dan hewan yang menghasilkan karbondioksida. Namun jumlahnya sangat kecil dan digunakan ketika membakar karbohidrat atau glukosa.

Sumber: jic.ac.uk | kidsgardening.org

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT