Sukabumi Update

Mau Mengamati Planet di Tata Surya, Simak Dulu Posisinya di bulan Februari Ini

Ilustrasi - Berikut ini posisi planet di tata surya selama bulan Februari 2024 mulai dari Merkurius hingga Neptunus (Sumber : Freepik/freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Mengamati benda langit seperti planet di tata surya kita memang menjadi hal menyenangkan apalagi jika didukung dengan kondisi langit yang cerah.

Meski banyak benda langit perlu bantuan alat untuk mengamatinya, namun ada beberapa diantaranya bisa dilihat dengan tanpa bantuan alat seperti Bulan, planet Venus, Mars dan sebagainya.

Posisi dari benda-benda langit tersebut akan berubah-ubah akibat rotasi Bumi dan pergerakan benda-benda langit itu sendiri.

Baca Juga: 6 Planet yang Diduga Terjadi Hujan Aneh dan Ekstrim, Bersyukur Tinggal di Bumi

Nah, jika ingin mengamati planet di langit, berikut ini posisi-posisi planet sepanjang bulan Februari 2024 ini yang dikutip dari laman Langit Selatan.

Merkurius, Venus, Mars

Ketiga planet yang jaraknya paling dekat dengan Bumi ini bisa diamati sebelum fajar menyingsing di ufuk timur. Pada bulan Februari, Merkurius dan Venus akan terus menurun mengejar Matahari di ufuk timur. Sedangkan si planet Merah Mars justru menanjak naik.

Merkurius akan menghilang di balik Matahari mulai pertengahan Februari dan akan mencapai posisi konjungsi superior pada akhir Februari.

Sementara Mars dan Venus bisa diamati di sepanjang Februari dan membentuk segitiga dengan Bulan di awal bulan.

Baca Juga: 8 Fenomena Langit Februari, Ada Puncak Hujan Meteor Alpha Centaurid

Jupiter

Planet terbesar di Tata Surya ini bisa diamati di rasi Aries setelah Matahari terbenam sampai jelang tengah malam. Planet gas raksasa ini juga akan berpapasan dengan Bulan pada pertengahan bulan Februari.

Saturnus

Planet yang terkenal dengan cincin indahnya ini bisa diamati di rasi Aquarius kala senja sampai kisaran satu jam setelah matahari terbenam.

Kemudian, menjelang pertengahan Februari, planet paling cantik ini akan berpapasan dengan Bulan. Di bulan Februari sendiri Saturnus akan terus turun di ufuk barat dan akhirnya menghilang di balik Matahari.

Baca Juga: Bahaya! Ini yang Akan Terjadi Jika Planet Bumi Tidak Berputar

Uranus & Neptunus

Dua planet es raksasa ini terlalu redup untuk diamati dengan mata tanpa alat mengingat posisinya yang cukup jauh dari Bumi. Jadi, jika ingin mengamatinya, siapkan teleskop sebagai alat bantu.

Uranus bisa diamati di rasi Aries sejak Matahari terbenam sampai jelang tengah malam. Sementara Neptunus bisa diamati di rasi Pisces setelah Matahari terbenam dan bisa diamati sampai kisaran pukul delapan malam.

Itulah posisi-posisi planet di tata surya selama bulan Februari 2024 yang harus diperhatikan ketika ingin mengamati benda-benda langit tersebut.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT