Sukabumi Update

Ada Gerhana Bulan pada 25 Maret 2024, Cek Waktu dan Lokasi Mengamatinya

Ilustrasi - Fenomena astronomi gerhana bulan penumbra akan terjadi pada 25 Maret mendatang menghiasi langit Indonesia (Sumber : unsplash.com/@Benjamin Voros)

SUKABUMIUPDATE.com - Fenomena gerhana bulan akan menghiasi langit pada 25 Maret 2024 mendatang. Diketahui jika gerhana yang akan terjadi kali ini merupakan gerhana bulan penumbra.

Mungkin banyak yang bertanya apa bedanya gerhana bulan total dengan gerhana bulan penumbra. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, gerhana bulan sendiri adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan.

Sementara untuk gerhana bulan penumbra terjadi saat posisi Matahari-Bumi-Bulan sejajar. Dimana posisi Bulan hanya masuk ke bayangan penumbra Bumi. Hal tersebut mengakibatkan, saat puncak gerhana terjadi, Bulan akan terlihat lebih redup dari saat purnama.

Baca Juga: Gerhana Matahari Total Akan Terjadi Sebelum Lebaran, Hanya Terjadi 20 Tahun Sekali

Waktu Terjadinya Gerhana Bulan Penumbra

Mengutip dari laman bmkg.co.id, gerhana bulan ini akan terjadi pada Senin (25/3/2024) dimana awal gerhana akan terjadi pada pukul 11.50 WIB. Kemudian puncak gerhana akan terjadi 14.12 WIB dan fase akhir gerhana akan terjadi pada 16.34 WIB.

Wilayah yang Dilewati Gerhana Bulan Penumbra

Fenomena ini bisa diamati di seluruh wilayah Indonesia pengamat dengan rincian untuk wilayah Papua Barat, dan sebagian Maluku akan dapat mengamati proses Gerhana Bulan dari sejak Bulan terbit hingga Gerhana berakhir (P4).

Baca Juga: 4 Fenomena Gerhana yang Akan Terjadi di 2024, Ada Matahari Total

Sementara untuk wilayah Maluku Utara, sebagian Maluku, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, NTT, NTB, Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, dan Aceh tidak akan mengamati seluruh fase gerhana karena Bulan masih di bawah horizon saat peristiwa itu terjadi.

Itulah informasi seputar fenomena astronomi gerhana bulan penumbra yang akan terjadi pada 25 Maret mendatang.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT