Sukabumi Update

Waspada, BMKG Prediksi Cuaca Jawa Barat Hujan Angin dan Petir Dalam Sepekan ke Depan

Ilustrasi - BMKG memprakirakan dalam sepekan ke depan cuaca di Jawa barat masih akan terjadi hujan yang disertai angin kencang dan petir | Foto: Pixabay/adege

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca di wilayah Jawa Barat (Jabar) dalam sepekan ke depan atau pada 25-31 Maret 2024 mendatang.

Menurut BMKG cuaca di Jabar masih berpotensi hujan angin dan petir. Dikutip dari Tempo.co, Stasiun Klimatologi Jawa Barat, Rakhmat Prasetia mengatakan ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan awan serta terjadinya hujan di sebagian wilayah Jawa Barat.

“Di antaranya suhu muka laut di sekitar perairan Indonesia yang relatif hangat,” katanya lewat keterangan tertulis, Ahad 24 Maret 2024.

Baca Juga: Ada Gerhana Bulan pada 25 Maret 2024, Cek Waktu dan Lokasi Mengamatinya

Faktor lainnya adalah siklon tropis, bibit siklon, sirkulasi siklonik yang masih berpotensi terbentuk di sekitar Samudra Hindia selatan Indonesia atau di sekitar Barat dan Utara Australia.

Dampaknya, kata Rahmat, bisa mengakibatkan terbentuknya belokan dan daerah pertemuan angin yang tidak persisten sepanjang pekan. Labilitas atmosfer secara umum juga sangat bervariasi, dari kategori labil ringan hingga kuat.

Menurut Rahmat, ada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat atau sangat lebat bisa disertai petir serta peningkatan kecepatan angin pada skala lokal dan berdurasi singkat.

Untuk Senin, 25 Maret 2024, ini diprediksi akan terjadi di Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Sukabumi, Cianjur, Bandung Raya, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Sumedang, Majalengka, Kuningan, dan Cirebon.

Baca Juga: 10 Hari Akhir Maret di Jabar: BMKG Prediksi Mayoritas Daerah Masih Hujan

Pada Selasa 26 Maret 2024, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat atau sangat lebat berpotensi terjadi di Bogor, Bekasi, Sukabumi, Cianjur, Garut, Kabupaten Bandung dan Bandung Barat, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Majalengka, Kuningan, Sumedang, dan Pangandaran.

Rabu 27 Maret 2024, cuaca sama akan terjadi di Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Sukabumi, Cianjur, Bandung Raya, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran, Cirebon, Majalengka, Kuningan, Subang, dan Purwakarta.

Adapun Kamis, 28 Maret 2024, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat atau sangat lebat diprediksi terjadi di Bogor, Bekasi, Karawang, Subang, Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Banjar, Ciamis, Pangandaran, Sumedang, Subang, dan Kabupaten Bandung.

Baca Juga: Ini Sehelai Rambut dari Surade Sukabumi yang Diyakini BRIN Milik Harimau Jawa

Jumat, 29 Maret 2024, potensi cuaca sama diprakirakan terjadi di Kabupaten Bogor, Sukabumi, Cianjur, Garut, Pangandaran, Kabupaten Bekasi, Karawang, Subang, dan Indramayu.


Sabtu 30 Maret 2024, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat atau sangat lebat terjadi di Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Karawang, Subang, dan Cianjur.

Untuk Ahad, 31 Maret 2024, cuaca yang sama akan terjadi di Kabupaten Bogor, Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Kabupaten Bandung dan Bandung Barat.

Sumber: Tempo.co/Anwar Siswadi

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT