Sukabumi Update

Potensi Ombak Capai 2,5 Meter di Pantai Selatan Jabar-DIY, Wisatawan Diimbau Waspada

Ilustrasi. Ombak laut yang menghempas pantai. (Sumber : pixabay.com/@Elias)

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan perairan di pantai selatan Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berpotensi mengalami pasang dan gelombang tinggi selama libur Lebaran. Oleh karenanya wisatawan diimbau untuk lebih waspada.

"Tinggi gelombang laut di perairan selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada hari ini hingga Sabtu (13 April 2024) diprakirakan berkisar 1,25-2,5 meter atau masuk kategori sedang," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo seperti dikutip dari Tempo.co, Sabtu (13/4/2024).

Dalam periode Jumat hingga Sabtu, kata Teguh, potensi pasang air laut di setiap wilayah pantai berbeda-beda. Pada hari Sabtu, 13 April 2024, pasang maksimum di pantai selatan Cilacap diprakirakan mencapai 2,1 meter pada pukul 11.00 WIB.

"Air laut akan mengalami pasang secara bertahap hingga mencapai puncaknya pada waktu-waktu tertentu dan setelah itu akan surut secara bertahap pula," katanya

Teguh mengimbau wisatawan yang mengunjungi pantai selatan Jabar, Jateng, dan DIY berhati-hati.

"Sebaiknya wisatawan tidak bermain air atau berenang terutama di wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan," tambahnya.

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI