Sukabumi Update

Apakah Hepatitis Akut Berubah Jadi Liver atau Kanker Hati?

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah ditemukan masuk ke Indonesia, Hepatitis akut misterius menjadi penyakit yang dikhawatirkan masyarakat. Namun tidak sedikit juga yang bertanya, mungkinkan infeksi hepatitis akut berkembang menjadi liver atau kanker hati?

Baca Juga :

Melansir suara.com, Pakar Penyakit Dalam, Prof. Dr.dr. Rino Alvani Gani, Sp.PD-KGEH mengatakan, hepatitis akut tidak akan bisa berubah jadi kanker hati. Jika pun bisa, maka membutuhkan waktu puluhan tahun lamanya.

Hepatitis adalah penyakit peradangan hati sebagai organ vital di dalam tubuh manusia yang antara lain berfungsi untuk memproses nutrisi, menyaring darah, detoksifikasi, dan sintesa protein.photoIlustrasi Penyebab Hepatitis Akut Misterius - (Freepik)

"Dari Hepatitis akut tidak akan jadi kanker hati, perlu waktu bertahun-tahun, sampai 30 tahun baru bisa menjadi kanker hati," ujar Prof. Rino dalam acara diskusi CISC, Sabtu (14/5/2022) kemarin.

Bahkan sebelum berubah menjadi kanker hati, hepatitis akut harus berubah dulu menjadi hepatitis kronis, yaitu peradangan hati yang terjadi lebih dari 6 bulan.

"Jadi peradangan hati yang berlanjut sampai hepatitis kronis, 30 tahun baru bisa menjadi kanker hati," jelas Prof. Rino.

Sehingga kesimpulannya, jika pasien tersebut dinyatakan terinfeksi hepatitis akut atau peradangan hati selama kurang dari 6 bulan dan sembuh, maka dipastikan kecil untuk berubah jadi kanker hati.

"Untuk kanker hati, dapat melalui proses sirosis bisa juga tidak, untuk hepatitis B misalnya tidak perlu terjadi sirosis bisa mencetuskan kanker hati," ujar Profesor Pakar Hepatologi di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) itu.

Sirosis hati adalah kerusakan hati kronis dari berbagai penyebab yang mengarah ke jaringan parut dan gagal hati atau hati tidak bisa berfungsi.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI