Sukabumi Update

5 Mitos Kesuburan Pada Pria, Bukan Hanya Masalah Perempuan!

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam permasalahan kesuburan, biasanya perempuan selalu menjadi pihak yang dipermasalahkan saat menjalankan program hamil.

Disamping itu, masalah kesuburan pria kerap diabaikan, padahal kemungkinan infertilitas tidak hanya ada pada perempuan saja. Karenanya hingga kini, beberapa mitos soal ketidaksuburan masih dipercaya masyarakat.

Dilansir suara.com dari Healthshots, berikut lima  mitos kesuburan yang perlu Anda tahu.

photoSuplemen testosteron dapat meningkatkan jumlah sperma - (iStock)

1. Infertilitas adalah masalah perempuan 

Faktanya, baik pria maupun perempuan dapat menghadapi masalah kesuburan. Disebutkan bahwa sepertiga kasus infertilitas disebabkan oleh faktor pria, sepertiga karena faktor perempuan dan sisanya adalah jatah bersama.

2. Suplemen testosteron dapat meningkatkan jumlah sperma

Faktanya, meminumnya justru dapat mengurangi atau menghentikan kemampuan pria untuk memproduksi testosteron dan secara drastis menurunkan jumlah sperma.

3. Usia tidak berkorelasi dengan faktor kesuburan pria

Faktanya, dengan bertambahnya usia kualitas dan kuantitas sperma terpengaruh sehingga sulit bagi pria untuk menghamili pasangannya.

4. Memakai celana dalam ketat mempersulit produksi sperma

Diyakini bahwa pakaian dalam yang ketat seperti celana dalam dapat mempersulit produksi sperma yang sehat dan oleh karena itu pria harus menghindarinya dengan memilih boxer. Tapi faktanya itu hanya mitos dan belum terbukti secara ilmiah.

5. Kesuburan tidak dipengaruhi kondisi kesehatan lain

Faktanya infertilitas pria terkait dengan masalah kesehatan tertentu yang mendasarinya. Pria yang tidak subur memiliki risiko lebih tinggi terkena kondisi kesehatan seperti penyakit kardiovaskular dan jenis kanker tertentu.

Baca Juga :

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI