Sukabumi Update

Bahaya! Jangan Konsumsi Ibuprofen Saat Perut Kosong

SUKABUMIUPDATE.com -  Ibuprofen menjadi obat yang wajib ada di kotak orang setiap rumah. Obat ini kerap digunakan untuk meredakan berbagai penyakit umum seperti demam hingga radang sendi.

Karena sering dikonsumsi banyak orang, terkadang ada yang tidak lagi melihat anjuran penggunaannya.

Baca Juga :

Lalu, apakah aman mengonsumsi ibuprofen saat perut kosong?

Mengutip suara.com, NHS memberikan saran tentang cara terbaik untuk menggunakan ibuprofen.

Dikatakan "Anda dapat makan dan minum secara normal sambil mengonsumsi semua jenis ibuprofen". Tapi “yang terbaik adalah untuk mengambil ibuprofen dengan makanan sehingga tidak mengganggu perut Anda”.

NHS memperingatkan "jangan meminumnya dengan perut kosong" - artinya tanpa makanan atau cairan apa pun, seperti air.

Melakukan hal itu lebih mungkin menyebabkan sakit perut, katanya. Efek samping ibuprofen mungkin termasuk mulas, maag, mual dan muntah, pendarahan, diare, kram dan kembung.

photoIlustrasi Minum Ibuprofen dan Paracetamol - (Freepik)

Menurut Healthline, gejala ini lebih sering terjadi pada orang berusia di atas 65 tahun, orang dengan riwayat mulas atau penggunaan alkohol.

Tablet, kapsul, butiran atau ibuprofen cair harus diminum dengan minuman air, susu atau jus, kata NHS, serta makanan atau camilan.

Namun, jika Anda baru saja makan sesuatu yang berat, mungkin perlu waktu lebih lama bagi ibuprofen untuk mulai bekerja.

Jika mengambil tablet yang meleleh di mulut, Anda tidak perlu minum air. Ibuprofen biasanya membutuhkan waktu antara 20 dan 30 menit untuk mulai bekerja, jika diminum.

Ibuprofen mengurangi peradangan dalam tubuh dan termasuk dalam kategori obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID). Peradangan terjadi karena berbagai alasan: mungkin merupakan tanda infeksi atau merupakan respons tubuh terhadap kerusakan.

Ini bisa diambil untuk meredakan radang sendi, nyeri haid, sakit punggung atau sakit gigi.

Obat ini juga dapat meredakan pembengkakan yang disebabkan oleh keseleo dan tegang - meskipun NHS mengatakan untuk mencoba menunggu setidaknya 48 jam untuk menghindari memperlambat proses penyembuhan.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI