Sukabumi Update

Tanda Jika Tubuh Anda Kekurangan Vitamin E dan Cara Mengatasinya

SUKABUMIUPDATE.com - Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang wajib terpenuhi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat membantu menangkal kerusakan sel tubuh dan mendukung kerusakan saraf, kulit, serta tulang.  Oleh sebab itu, penting untuk Anda mengetahui tanda-tanda jika tubuh kekurangan vitamin E.

photoIlustrasi Makanan yang Mengandung Vitamin E - (Freepik)</span

Melansir dari tempo.co, vitamin E dapat ditemukan secara alami dalam makanan seperti biji bunga matahari, almond, kacang tanah, dan sayuran berdaun hijau tua seperti bayam dan brokoli. 

Baca Juga :

"Makanan juga dapat diperkaya dengan vitamin E, termasuk beberapa sereal sarapan, jus buah, dan margarin," jelas ahli diet Candace Pumper, kepada POPSUGAR. 

Tetapi sementara ini berarti bahwa kebanyakan orang bisa mendapatkan cukup vitamin E melalui makanan mereka untuk menghindari kekurangan yang sebenarnya, beberapa kondisi kesehatan dapat mempersulit tubuh untuk menyerap vitamin E dengan benar. 

Niket Sonpal, MD, seorang dokter penyakit dalam dan asisten profesor di Touro College of Medicine, mencatat bahwa orang yang tubuhnya berjuang untuk menyerap nutrisi mungkin mengalami kekurangan vitamin E. 

"Kadang-kadang terjadi pada individu dengan malnutrisi protein parah, masalah pankreas, atau masalah dengan usus kecil mereka seperti penyakit Crohn atau celiac," kata Dr. Sonpal. Menurut National Institutes of Health, gejala kekurangan vitamin E belum dilaporkan pada orang sehat yang hanya mendapatkan terlalu sedikit vitamin E dari makanan mereka.

Karena vitamin E terutama mendukung kesehatan sel, tulang, dan saraf, Pumper menjelaskan bahwa kekurangan vitamin E dapat menyebabkan kerusakan saraf dan otot, yang dapat mengakibatkan gejala berikut:

  • Kehilangan kontrol gerakan tubuh
  • Kelemahan otot
  • Masalah penglihatan
  • Kehilangan koordinasi
  • Imunitas yang melemah

Anda mungkin berpikir bahwa mengonsumsi suplemen vitamin E akan menjadi cara tercepat untuk memastikan Anda memenuhi asupan harian. 

Namun sayangkan, Anda tidak boleh menambahkan suplemen tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda, yang mungkin sebenarnya merekomendasikan sumber vitamin E lain terlebih dahulu. 

"Makanan lebih baik daripada suplemen untuk kekurangan," kata Dr. Sonpal. "Saya adalah pendukung kuat untuk fokus pada strategi makanan pertama, memilih sumber alami vitamin E bila memungkinkan."

Namun, jika Anda mengalami gejala yang mengkhawatirkan, maka sebaiknya jangn mencoba untuk mengonsumsi biji bunga matahari. Atau cobalah berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

"Jika Anda benar-benar kekurangan dan menunjukkan gejala, maka Anda harus menemui dokter untuk dievaluasi dan diobati," Dr. Sonpal menjelaskan. "Suplemen harian yang dijual bebas mungkin tidak cukup."

Baca Juga :

SOURCE: TEMPO.CO

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI