Sukabumi Update

Hiperurisemia: Kelebihan Kadar Asam Urat di Tubuh Tingkatkan Risiko Batu Ginjal!

SUKABUMIUPDATE.com - Apakah Anda pernah mendengar istilah Hiperurisemia? Istilah tersebut merupakan sebuah kondisi dimana kadar asam urat dalam darah meningkat. Hal tersebut dapat menyebabkan kemunculan gout dan batu ginjal.

Peningkatan tersebut diakibatkan karena produksi asam urat meningkat, ekskresi menurun, atau kombinasi antara keduanya.

Melansir dari suara.com, kadar asam urat normal di dalam darah adalah 6,8 mg/dL. Ketika angkanya melebihi batas atas ini, maka kondisi hiperurisemia muncul, dan membuat penderitanya mengalami gangguan kesehatan.

Baca Juga :

Penyebab Hiperurisemia

photoIlustrasi Penyakit Asam Uurat - (iStockphoto)</span

Asam urat sendiri dapat meningkat ketika seseorang memiliki pola konsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi secara terus menerus.

Sialnya, zat purin ini ada pada makanan-makanan yang sebenarnya kaya nutrisi, seperti daging merah, makanan laut, atau kacang-kacangan.

Ketiga jenis makanan tersebut memiliki nutrisi yang cukup kaya dan diperlukan tubuh. Tapi ketika dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu tinggi, maka resiko terjadinya hiperurisemia ini akan turut meningkat.

Kondisi ini diperparah dengan gagal dikeluarkannya kelebihan asam urat lewat urine karena fungsi ginjal yang tidak optimal. Hal ini juga dapat memicu munculnya kristalisasi di dalam ginjal dan menjadi batu ginjal, peradangan, hingga rasa nyeri.

Gejala Hiperurisemia

photoIlustrasi Batu Ginjal - (iStockphoto)</span

Dalam data yang dikumpulkan, hanya 30 persen orang yang mengalami kondisi ini yang merasakan gejalanya. Beberapa gejala atau gangguan kesehatan yang dirasakan antara lain adalah gout, tophaceous gout, dan baju ginjal.

Gout : terjadi secara tiba-tiba, dengan intensitas rasa sakit meningkat dalam 12 hingga 14 jam. Yang dirasakan adalah persendian kaku dan nyeri, kesulitan menggerakkan persendian, mengalami pembengkakan, dan persendian seperti berubah bentuk.

Tophaceous gout : hal ini muncul saat hiperurisemia dialami selama beberapa tahun. Akan muncul kristal asam urat dan dapat membentuk gumpalan yang disebut dengan tophi, yang berada di bawah kulit, sekitar persendian, dan lekukan atas telinga. Jika tidak ditangani, bisa menyebabkan nyeri hebat.

Batu ginjal : beberapa gejala yang muncul adalah nyeri di punggung bagian bawah, perut, dan paha dalam, kemudian mual, keinginan buang air kecil meningkat, rasa nyeri saat buang air kecil, hingga munculnya darah pada urine.

Cara mengobati hiperurisemia adalah dengan pengobatan ke dokter ahli di bidang tersebut. Observasi mendalam akan dilakukan, sehingga diperoleh resep obat terbaik untuk mengatasi kondisi tersebut. Semoga berguna, dan selamat melanjutkan aktivitas Anda.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM | I MADE RENDIKA ARDIAN

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI