Sukabumi Update

4 Tips Untuk Cegah Heat Stroke Saat Olahraga

SUKABUMIUPDATE.com - Serangan panas atau Heat stroke dapat menyerang kita saat sedang melakukan aktifitas olahraga.

Ditambah Indonesia yang merupakan negara tropis,akrab dengan cuaca panas. 

Baca Juga :

Pakar mengatakan, cuaca panas dapat meningkatkan suhu tubuh yang berisiko menyebabkan heat illnes seperti dengan gejala seperti heat cramp (kram otot), heat exhaustion (kelelahan), heat rash (muncul ruam merah pada kulit) hingga heat stroke (berkunang-kunang, mual, pusing, kulit dingin namun berkeringat, bahkan pingsan.

Melansir dari suara.com, berikut adalah empat tips untuk mencegah heat stroke saat olahraga.

1. Minum yang cukupphotoIlustrasi minum air putih - (Unsplash)

Minum air penting agar cadangan air dan mineral dalam tubuh yang hilang selama berolahraga dan cuaca panas bisa segera digantikan dengan air minum.

2. Gunakan pakaian yang tepat

Pakaian yang berbahan ringan dan longgar baik digunakan saat olahraga. Jangan mengenakan jaket/pakaian berbahan tebal, maupun pakaian yang gelap karena akan semakin menyerap panas dari lingkungan.

Jika perlu, bisa ditambahkan dengan kacamata dan topi ketika matahari cukup terik.

3. Menjaga kulit

Mengoleskan produk berbahan dasar menthol pada kulit untuk memberikan sensasi sejuk mendinginkan agar membantu proses penguapan panas dari dalam tubuh.

4. Olahraga secara berkala

photo(Ilustrasi) olahraga berkala- (Pexels Enric Cruz López)<

Latihan olahraga secara berkala, setidaknya selama satu jam, tidak perlu harus berlari jogging yang berat, tetapi dapat melakukan aktivitas fisik sedang seperti berjalan dengan langkah cepat atau senam ringan.

Dalam kesempatan ini Regional Commercial Director PT Taisho, Sonny Adi Nugroho, menyampaikan bahwa kebugaran memegang peranan penting dalam prestasi atet. Atlet yang memiliki kebugaran yang baik tidak akan mengalami kelelahan yang berarti, baik dalam setiap latihan maupun dalam pertandingan.

“Kebugaran jasmani berarti menjaga tubuh tetap aktif dan bugar, banyak dari kita yang merasa bahwa berolahraga adalah hal yang sangat membosankan. Tapi begitu seseorang terbiasa dengan latihan, maka akan menjadi kebiasaan yang penuh petualangan, menyenangkan dan energik untuk dilakukan,” ujarnya.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Noity

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI