Sukabumi Update

Sederet Nutrisi dalam Sawi Hijau yang Bermanfaat untuk Kesehatan

SUKABUMIUPDATE.com - Sawi hijau merupakan salah satu sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan. Sayuran ini mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan kondisi kesehatan tubuh.

Maka jangan heran jika sawi hijau selalu ada pada beberapa hidangan seperti bakso dan mie ayam, atau menjadi pelengkap berbagai menu masakan.

Penasaran apa saja kandungan nutrisi yang terdapat pada sawi hijau? Yuk simak penjelasnya dibawah ini seperti yang kami lansir dari tempo.co.

Baca Juga :

Kandungan Sawi Hijau

photoIlustrasi Sawi Hijau - (Shutterstock)</span

Kandungan beta-karoten berguna melindungi kulit dan menurunkan faktor risiko diabetes. Sayuran ini juga sumber vitamin B, yang terdiri atas tiamin (B1), niasin, (B3) dan piridoksin (B6)

Satu porsi sawi hijau mengandung vitamin K, vitamin C, vitamin A, kalsium, kalium dan nutrisi. Sawi mentah mengandung 33 kalori (33 gram), protein (3 gram), lemak (0 gram), karbohidrat (6 gram), serat (4 gram), gula (0 gram).

Mengutip Healthline, sawi matang memiliki kadar kandungan yang lebih tinggi, seperti vitamin A sebanyak 96 persen nilai harian, vitamin K 69 persen nilai harian, dan tembaga 22,7 persen nilai harian. Tapi, kandungan vitamin C dan E lebih rendah, jika  dibandingkan sawi mentah.

American Heart Association menyarankan untuk mengonsumsi dari sekian porsi sayuran di antaranya yang berwarna hijau, yaitu sawi. 

Adapun untuk orang yang mengonsumsi obat pengencer darah sebaiknya berkonsultasi dengan dokter, karena kandungan vitamin K sawi cukup tinggi. Tujuannya agar kandungan dalam sawi tidak berinteraksi dengan obat.

Sedangkan orang yang memiliki riwayat penyakit ginjal perlu mengendalikan porsi mengonsumsi sawi hijau.

Sebab, jika terlalu banyak, sawi hijau rentan memicu risiko batu ginjal, karena kandungan oksalat yang cukup tinggi.

Sedangkan jika tak ada riwayat masalah kesehatan itu, kandungan vitamin K sawi hijau juga bermanfaat menjaga kesehatan tulang. Jika kekurangan vitamin K berisiko mengalami kelainan mineral tulang dan osteoporosis.

Mengutip Verywell Fit, sawi juga mengandung lutein dan zeaxanthin. Penelitian menunjukkan, kedua nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah gangguan penglihatan karena usia.

Lutein bermanfaat untuk jaringan otak dalam mendukung kinerja fungsi kognitif yang lebih baik.

Nah itulah sederet kandungan nutrisi yang terdapat dalam sawi hijau. Yuk mulai konsumsi dari sekarang agar kondisi kesehatan tubuh Anda tetap terjaga.

Selain itu sawi hijau merupakan sayuran yang sangat mudah untuk didapatkan, sehingga Anda tidak perlu bingung untuk mendapatkannya.

Baca Juga :

SOURCE: TEMPO.CO | RINDI ARISKA

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI