Sukabumi Update

Ryziphobia Fobia pada Nasi Jangan Dinggap Remeh, Kenali Gejalanya

SUKABUMIUPDATE.com - Nasi bagi kebanyakan orang indonesia sudah menjadi makanan wajib. Namun, ternyata ada juga orang yang takut atau merasa fobia terhadap makanan satu ini yang disebut Ryziphobia.

Melansir dari Tempo.co, Ryziphobia merupakan cabang dari cibophobia, yakni sebuah fobia atau ketakutan terhadap makanan tertentu. Orang-orang penderita ini cenderung akan menghindari penyebab fobia ini.

Namun, fobia sebaiknya jangan dianggap remeh atau enteng. Sebab, fobia dalam kasus berat dapat membatasi aktivitas sehari-hari.

Baca Juga :

Dalam beberapa kasus, fobia bisa menyebabkan seseorang mengalami kecemasan dan berujung depresi. Orang yang mengalami ryziphobia, misalnya, akan mengalami serangan panik ketika berkontak langsung atau hanya melihat sebutir nasi.

Dikutip fearof.org, serangan panik ini bisa sangat menakutkan dan menyiksa bagi seluruh penderita fobia, tidak hanya fobia nasi saja.

photo(Ilustrasi) Nasi - (YouTube Devina Hermawan)</span

Gejala-gejala ini sebagian besar dapat terjadi secara tiba-tiba tanpa disertai tanda atau gejala awal sebelumnya. Selain gejala panik, berikut gejala-gejala lain yang mengikutinya:

  1. berkeringat,
  2. gemetaran,
  3. sesak napas atau kesulitan bernapas,
  4. detak jantung cepat (takikardia),
  5. rasa sakit atau sesak di dada,
  6. mual,
  7. sakit kepala dan pusing,
  8. mati rasa atau kesemutan,
  9. mulut kering,
  10. kebingungan atau disorientasi,
  11. kenaikan tekanan darah.

Selain tanda-tanda fisik, gejala seseorang mengalami ryziphobia juga disertai dengan gejala psikologis. Gejala-gejala berikut dapat terjadi salah satu atau secara bersamaan:

  1. perasaan takut/ cemas,
  2. menyalahkan diri sendiri,
  3. mengucilkan diri,
  4. kebingungan dan sulit berkonsetrasi,
  5. emosi tinggi/ mudah marah.

SUMBER: TEMPO.CO/NAOMY A. NUGRAHENI

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI