Sukabumi Update

Waspada Kolesterol, Tips Memilih Bagian Daging agar Kolesterol Tidak Naik

SUKABUMIUPDATE.com - Perayaan Idul Adha  identik dengan olahan daging merah, dimana makanan ini dapat meningkatkan kadar kolesterol, dan cukup berbahaya bagi mereka yang sudah memiliki kadar kolesterol tinggi.

Melansir dari Suara.com, berdasarkan Medical News Today, tubuh dapat membuat kolesterol ekstra sebagai respons terhadap lemak jenuh dan lemak trans dalam daging.

Karenanya, kita harus mengonsumsi potongan daging tanpa lemak sesedikit mungkin. Berikut beberapa tips untuk memiliki daging yang 'ramah' kolesterol, yakni:

Baca Juga :

  • menghindari potongan daging yang memiliki banyak lemak
  • memilih daging giling tanpa lemak
  • membuang semua lemak sebelum dimasak
  • menyeka atau memeras lemak tambahan dari daging setelah dimasak
  • memasak di atas panggangan atau metode lain yang memungkinkan lemak meleleh dari daging

photoIlustrasi) Daging merah - (Unplash alireza nikzad)</span

Sebenarnya, kolesterol tidak hanya terdapat di daging merah, tetapi juga pada daging unggas, makanan laut, telur, serta produk susu.

Makanan nabati tidak mengandung kolesterol. Tetapi beberapa minyak nabati yang dapat padat pada suhu kamar, seperti minyak kelapa sawit atau santan, lebih tinggi lemak jenuhnya, yang juga dapat meningkatkan kolesterol dalam darah.

Kadar kolesterol tinggi yang tidak terkontrol dapat menumpuk plak di arteri. Seiring waktu, penumpukan ini akan mempersempit arteri, dan menyebabkan aterosklerosis.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI