Sukabumi Update

Peneliti: Konsumsi Garam Berlebihan Tingkatkan Risiko Kematian Dini hingga 28 Persen

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagian orang mungkin sudah mengetahui jika mengonsumsi garam berlebihan dapat meningkatkan risiko kematian dini. Hal tersebut dikarenakan garam tidak baik untuk kesehatan tubuh.

photoIlustrasi Garam - (IST)</span

Melansir dari suara.com, National Health Service (NHS) merekomendasikan untuk tidak mengonsumsi garam lebih dari 1 sendok teh per hari, termasuk dalam makanan yang sudah jadi dan ketika memasak.

Baca Juga :

Karena, garam bisa meningkatkan tekanan darah, stroke atau serangan jantung yang berpotensi mematikan dan risiko kanker.

Sebuah studi pun mencari tahu dampak garam yang ditambahkan ke makanan pada waktu makan dan asupan garam total.

Dilansir dari The Sun, Para peneliti di Tulane University School of Public Health and Tropical Medicine, New Orleans, mempelajari setengah juta orang Inggris yang berusia antara 40 dan 69 tahun.

Mereka pun diminta memilih jawab tidak pernah, jarang atau selalu menambahkan garam dalam makanannya. Kemudian, para peneliti memantau mereka selama 9 tahun.

Hasilnya, mereka yang menambahkan garam ke makanan 28 persen lebih berisiko meningkatkan kematian dini, dibandingkan mereka yang tidak pernah atau jarang menambahkan garam dalam makanan.

photoIlustrasi Menambahkan Garam pada Makanan - (Freepik)</span

Bahkan, harapan lebih rendah di antara mereka yang selalu menambahkan garam ke dalam makanan dibandingkan mereka yang tidak pernah atau jarang melakukannya.

Pada usia 50 tahun, European Heart Journal menemukan tingkat harapan hidup wanita dan pria masing-masing 1,5 tahun dan 2,28 tahun.

Para peneliti, yang dipimpin oleh Profesor Lu Qi, telah memperhitungkan faktor-faktor yang mempengaruhi kematian, seperti usia, berat badan, jenis kelamin, merokok dan konsumsi minuman keras serta kondisi kesehatan lainnya.

Risiko kematian dini di antara mereka yang makan paling banyak garam cenderung sedikit berkurang, bila mereka mengonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah paling banyak.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI