Sukabumi Update

Memiliki Harga Fantastis, Ini 5 Manfaat Sarang Burung Walet untuk Kesehatan

SUKABUMIUPDATE.com - Sarang burung walet dikenal memiliki harga fantastis, hal tersebut tak mengherankan mengingat untuk mendapatkannya pun cukup sulit, selain itu juga sarang walet memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Melansir dari Suara.com, sarang burung walet mengandung protein, kalsium, kalium, magnesium dan zat besi yang baik untuk kesehatan.

Bagi yang belum tahu, sarang burung walet merupakan air liur burung walet yang memadat dan mengering hingga membentuk sarang. Burung walet ini biasanya bersarang di gua maupun bangunan kosong dengan merekat sarangnya di langit-langit atau dinding.

Baca Juga :

Sejak lama sarang burung walet ini telah diolah menjadi makanan dan memiliki harga fantastis. Lantas apa saja kegunaan sarang walet untuk kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.

photo(Ilustrasi) Olahan sarang burung walet. - (Pixabay)</span

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Kegunaan sarang walet yang pertama dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Sarang burung walet mampu mengurangi hiperkoagulasi dan pengentalan darah yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Hal ini karena sarang burung walet memiliki efek seperti obat penurun kolesterol.

2. Salah satu sumber antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa aktif yang bermanfaat untuk melindungi diri dari penyakit kronis. Sarang burung walet memiliki sumber antioksidan yang mampu melindungi diri dari radikal bebas.

Radikal bebas tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya seperti kanker. Senyawa antioksidan ini dapat memperbaiki kerusakan pada sel-sel sehat dalam tubuh.

3. Bermanfaat untuk kesehatan kulit

Sarang burung walet memiliki kandungan asam amino yang baik untuk kesehatan kulit. Sarang burung walet ini dapat membantu mencerahkan kulit, meregenerasi kulit-kulit yang mati, memudarkan flek hitam dan kerutan.

4. Mengandung banyak mineral penting

Sarang burung walet memiliki berbagai mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalsium, tembaga, zinc dan lainnya. Mineral ini berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, membentuk daya tahan tubuh, kesehatan jantung dan membantu usus untuk menyerap nutrisi.

5. Menjaga kesehatan otak

Sarang burung walet memiliki kandungan fenilalanin yang menjadikan sistem saraf pusat dapat berfungsi normal. Mengonsumsi sarang burung walet ini juga dapat meningkatkan konsentrasi, menghindarkan dari permasalahan otak dan lain sebagainya.

SUMBER: SUARA.COM/Muhammad Zuhdi Hidayat

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI