Sukabumi Update

Ayo Berjemur! Ini 7 Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan Tubuh

SUKABUMIUPDATE.com - Matahari dikenal sebagai salah satu sumber panas alami sehingga sinar matahari kerap dimanfaatkan untuk berbagai hal salah satunya pembangkit listrik tenaga surya.

Namun, selain dimanfaatkan untuk bisa menghasilkan listrik, sinar matahari juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tak heran jika banyak orang sengaja berjemur dibawah sinar matahari untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Melansir dari Suara.com, menurut laman SelectHealth, berikut beberapa manfaat yang diberikan dari paparan sinar matahari.

Baca Juga :

photo(Ilustrasi) Berada dibawah Sinar Matahari - (Pexels.com)</span

1. Bisa tingkatkan kualitas tidur

Penelitian menunjukkan, paparan sinar matahari di pagi hari dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Sinar matahari membantu produksi melatonin yang baik untuk membantu tidur pada seseorang.

Semakin banyak paparan sinar matahari yang didapatkan, akan semakin baik produksi melatonin dalam tubuh.

2. Membantu mengurangi stres

Selain membantu meningkatkan kualitas tidur, melatonin juga berguna untuk mengurangi stres pada seseorang. Dengan begitu, paparan sinar matahari akan membantu mengurangi stres yang dialami seseorang.

3. Menjaga kekuatan tulang

Sinar matahari mengandung vitamin D yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin D akan memberikan kalsium yang membantu mencegah tulang rapuh, menipis, dan cacat.

4. Membantu menurunkan berat badan

Membiarkan diri terkena paparan sinar matahari pada jam 8 selama kurang lebih 30 menit dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan.

5. Baik untuk sistem kekebalan tubuh

Selain baik untuk tulang, vitamin D juga berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh seseorang. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, seseorang akan terhindari dari berbagai penyakit dan infeksi yang berbahaya.

6. Mampu mengurangi depresi

Sinar matahari juga meningkatkan serotonin dalam tubuh. Hal ini dapat membantu meningkatkan suasana hati seseorang. Hal tersebut akan membantu tubuh terhindar dari depresi. Paparan sinar matahari juga membantu mengurangi gejala perubahan suasana hati yang dialami.

7. Dipercaya bisa memberikan umur panjang

Sebuah studi yang diikuti 30.000 wanita Swedia menemukan, mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari hidup enam bulan sampai dua tahun lebih lama. Sementara wanita yang kurang paparan sinar matahari tidak.

 

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI