Sukabumi Update

Dr. Zaidul Akbar Ungkap Asupan Tinggi Gula dan Tepung Bisa Sebabkan Katarak

SUKABUMIUPDATE.com - Dr. Zaidul Akbar mengungkapkan jika makanan yang tinggi gula serta karbohidrat dari tepung dapat membuat keruh lensa mata sehingga menyebabkan seseorang mengalami katarak.

Katarak sendiri adalah kekeruhan di lensa bola mata sehingga menyebabkan menurunnya kemampuan penglihatan seseorang bahkan dapat menyebabkan kebutaan.

photo(Ilustrasi) Katarak - (Freepik)</span

Kekeruhan ini disebabkan oleh terjadinya reaksi biokimia yang menyebabkan koagulasi protein lensa.

Baca Juga :

"Lensa sejatinya memang akan terus mengalami pengeruhan, kebanyakan masalah besarnya itu adalah karena tingginya kandungan asupan gula," ujarnya dalam kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official yang dirangkum oleh Suara.com.

Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro ini menyarankan untuk menurunkan dan mencegah katarak, sebaiknya membatasi asupan gula, khususnya gula olahan.

Gula ini termasuk makanan dari tepung, nasi putih, gula pasir, dan disarankan mengonsumsi gula yang lebih sehat dan kompleks, seperti jagung, kentang, umbi-umbian dan sebagainya.

Bisa juga mengkonsumsi gula dari buah-buahan, dan menghindari gula tambahan bisa buah dikonsumsi dengan cara dibuat jus.

"Gula yang sehat yaitu karbohidrat yang bukan karbohidrat olahan. Contohnya adalah umbi umbian itu merupakan karbohidrat sehat, kemudian beras juga boleh tapi beras yang sehat, itu yang pertama," sambung dr. Zaidul.

Sementara itu, mengutip Hello Sehat, beberapa tanda katarak yang perlu diwaspadai seperti pandangan kabur seperti berkabut, warna di sekitar terlihat memudar, rasa silau saat melihat lampu mobil, matahari, atau lampu.

Ada juga gejala seperti melihat lingkaran di sekeliling cahaya, pandangan ganda, penurunan penglihatan di malam hari, sering mengganti ukuran kacamata dan sebagainya.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI