Sukabumi Update

Benarkah Ibu Hamil Minum Air Es Bikin Ukuran Bayi Jadi Besar? Ini Jawaban Dokter

SUKABUMIUPDATE.com - Anggapan soal ibu hamil dilarang mengkonsumsi air es karena bisa menyebabkan janin menjadi besar merupakan salah satu mitos yang banyak berkembang di masyarakat mengenai kehamilan.

Mengutip dari Suara.com, Dokter Umum dr. Jeffry Kristiawan menegaskan anggapan itu tidak benar dan hanya mitos belaka.

"Faktanya, air es ada manfaatnya untuk yang sedang hamil. Air es yang dimaksud di sini adalah air putih yang dicampur dengan es batu, sehingga suhunya jadi lebih rendah, lebih dingin."

"Beda dengan es lain yang sudah dicampur dengan pemanis, misalnya sirup. Itu sudah berbeda lagi," jelasnya, dikutip dari kanal YouTube Tanyakan Dokter.

Baca Juga :

Dokter Jeffry menambahkan, kandungan kalori pada air mineral nol, bahkan tetap sama meskipun suhunya dingin atau karena diberi es batu.

Sehingga, ibu hamil yang mengkonsumsi es air mineral sebanyak apapun tidak akan menambah kalori harian dan tidak menyebabkan gemuk.

Berbeda bila air es dicampur dengan pemanis maupun perasa, seperti sirup. Maka ada kandungan gula di dalamnya dan jadi mengandung kalori.

Tidak seperti mitos yang beredar, air es tanpa kalori justru bermanfaat bagi ibu juga janin.

photoIlustrasi segelas air es. - ( Freepik.com/Master1305)</span

"Air es ada manfaatnya terutama bagi ibu hamil yang sudah agak gede di atas 6 bulan. Minum air es bisa merangsang gerakan janin. Misalnya, janin dalam seharian geraknya agak kurang, minum air es bisa merangsang janin jadi bergerak," katanya.

"Karena ketika air diminum masuk ke lambung, saat hamil, rahim dan lambung itu saling menekan. Sehingga saat ada air dingin yang masuk ke lambung, otomatis janin bisa merasakan secara tidak langsung. Itu yang membuat dia kaget tiba-tiba kemudian bergerak," tambah dokter Jeffry.

Baca Juga :

Manfaat lainnya, mencegah ibu dari kondisi panas dan dehidrasi. Sebab, saat kehamilan sudah semakin besar, berat badan ibu juga makin bertambah dan terjadi berbagai efek dari perubahan hormon.

Kondisi-kondisi tersebut bisa membuat tubuh ibu lebih mudah rasakan panas.

"Minum es bisa bantu lebih rileks, tenang. Jadi bukan berdampak buruk, kalau cuma air es gak masalah, gak ada efeknya karena kalorinya hanya nol."

"Berbeda kalau dicampur dengan sirup, susu kental manis, itu mengandung gula tinggi. Kalau dikonsumsi terus bisa membuat bumil lebih gendut. Efeknya kalau keterusan bayinya bisa jadi gede," pungkasnya.

Baca Juga :

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI