Sukabumi Update

Selain Membantu Sesama, Inilah 5 Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

SUKABUMIUPDATE.com - Tidak hanya dapat membantu menyelamatkan hidup orang lain, donor darah juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh pendonornya.

Namun, donor darah sendiri harus dilakukan dengan berbagai prosedur kesehatan, untuk memastikan jika seseorang sudah memenuhi syarat untuk menjadi pendonor.

photoIlustrasi Donor Darah. - (Topnews.net.nz)</span

Lantas apa saja sih manfaat donor darah untuk kesehatan tubuh? Merangkum dari berbagai sumber, Inilah lima manfaatnya.

Baca Juga :

1. Dapat Mendeteksi Penyakit Serius

Pada pelaksanaannya, sebelum donor darah, pendonor wajib memeriksakan kondisi darah yang sekaligus mampu mendeteksi adanya penyakit serius seperti HIV, sifilis, hepatitis B, hepatitis C, hingga malaria. 

Oleh karena itu, dengan melakukan pemeriksaan darah rutin, maka berbagai penyakit tersebut dapat dideteksi sedini mungkin.

2. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung Serta Sirkulasi Darah

Donor darah dapat mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah, hal tersbeut membuat aliran darah di dalam tubuh menjadi lebih lancar. 

Selain itu, donor darah juga dapat membuat jantung berdetak dengan secara stabil dan teratur.  

Beberapa penelitian juga menunjukan jika orang yang rajin melakukan donor darah berisiko lebih rendah terkena berbagai penyakit, seperti serangan jantung, kanker, dan stroke.

Selain itu, rutin donor darah juga dipercaya dapat membuat kadar zat besi dalam darah menjadi lebih stabil.

3. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Untuk Anda yang saat ini sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, donor darah secara rutin dapat menjadi solusinya.

Penjelasan donor darah dapat menurunkan berat badan karena rata-rata orang dewasa dapat membakar 650 kalori saat mendonorkan 450 ml darahnya.

4. Dapat Menjaga Kesehatan Mental

Donor darah pada dasarnya merupakan tindakan yang mulia. Setiap tetesan darah yang disumbangkan akan begitu berharga untuk orang yang membutuhkannya dan hal tersebut dapat menyelamatkan jiwa orang lain.

Perasaan ini dapat membuat Anda merasa termotivasi untuk hidup lebih sehat dan senang membantu orang lain. 

Anda juga mungkin akan terinspirasi ingin berkontribusi lebih banyak terhadap sesama. Pada akhirnya, hal ini bisa membuat kondisi mental menjadi lebih baik.

5. Dapat Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Beberapa penelitian menyebutkan jika kebiasaan melakukan donor darah dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL dan trigliserida) dalam darah. 

Dengan begitu, tsiko terbentuknya plak atau sumbatan pada pembuluh darah (aterosklerosis) dapat berkurang, sehingga aliran darah dan fungsi organ dapat berjalan lancar sebagaimana mestinya.

Itulah beberapa manfaat kesehatan melakukan donor darah, semoga penjelasan diatas dapat memberikan rasa percaya diri kepada seluruh pendonor untuk bisa melakukannya secara rutin. Sehingga orang

Dengan mengetahui beberapa manfaat dari donor darah diatas, diharapkan mampu memberikan rasa percaya diri kepada seluruh pendonor darah untuk bisa melakukannya secara rutin. Sehingga dengan demikian, pasokan darah dapat terus terpenuhi, dan tubuh menjadi sehat.

Baca Juga :

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI