Sukabumi Update

Apa Benar Makan Sembarangan dan Kelelahan Bisa Sebabkan Sakit Tifus?

SUKABUMIUPDATE.com - Masih banyak yang mengira jika penyakit tifus terjadi akibat tubuh kelelahan atau karena makan yang sembarangan. Apakah anggapan tentang penyakit tifus itu benar?

Mengutip dari Suara.com, Dokter spesialis penyakit dalam prof. dr. Zubairi Djurban, Sp.PD., mengaku kalau dirinya sendiri masih sering bertemu dengan pasien yang menganggap tifus terjadi akibat kelelahan.

"Ada anggapan di masyarakat yang mengatakan bahwa penyebab tifus itu adalah akibat sering lembur, beban kerja berlebih, istirahat minim, kebanyakan mi instan, begadang, makan di pinggir jalan, apakah semua itu benar?" tulisnya pada akun Twitter pribadinya.

Baca Juga :

Ia pun mengungkapkan fakta yang benar tentang penyakit tifus sebagai berikut.

photo(Ilustrasi) Seseorang tengah sakit - (Pixabay nastya_gepp)</span

Apa tifus terjadi karena konsumsi makanan kurang bersih, dok?

Ini jadi salah satu penyebab. Mungkin makan nasi goreng, bihun goreng, itu aman. Karena digoreng dan bakterinya mati. Tapi sambal atau acarnya kan enggak digoreng. Di leher botol sambalnya pun terkadang sampai hitam. Nah itu bakteri.

Terlalu banyak makan mi instan apa bisa sebabkan tifus juga?

Belum ada studi soal ini dan tifus itu disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhii. Sehingga tidak ada kaitannya.

Baca Juga :

Kalau kurang istirahat karena kerja lembur, apa bisa jadi penyebabnya?

Turut andil iya. Misalnya kerja berlebihan ini bikin daya tahan menurun, istirahat kurang, ditambah mengonsumsi makanan yang kurang bersih.

Penularan tifus bisa terjadi lewat apa?

Bakteri Salmonella Typhii bisa menempel di tangan, atau peralatan makan seperti sendok dan piring. Penularan juga bisa terjadi saat berbagi makanan, dan salah satu tangan tidak higienis dan membawa bakteri itu.

Baca Juga :

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI