Sukabumi Update

Cara Kompres Demam dengan Tepat, Pakai Air Panas atau Dingin?

SUKABUMIUPDATE.com - Masih banyak yang bingung dengan cara mengompres demam yang benar apakah menggunakan air dingin atau air hangat. Tak jarang hal tersebut memunculkan perdebatan. Lalu bagaimana cara mengompres demam yang benar?

Mengutip dari Suara.com, menurut penjelasan Irene Anindyaputri dengan tinjauan dr. Andreas Wilson Setiawan yang dikutip dari laman Hello Sehat, kompres dingin bisa jadi malah memperparah demam.

Kompres dingin akan membuat tubuh mendeteksi perubahan suhu sebagai ancaman terhadap proses alami melawan infeksi yang dimiliki oleh tubuh.

Baca Juga :

Sebab, tubuh memiliki reaksi alami yakni menaikan suhu untuk melawan infeksi bakteri maupun virus, ini adalah yang dinamakan dengan demam.

Saat tubuh dikenakan kompres dingin, tubuh justru akan menambah suhu demi melawan infeksi. Oleh sebabnya, demam akan semakin parah dan tubuh akan ikut menggigil.

Maka, sangat tidak direkomendasikan untuk mengompres tubuh dengan air dingin atau bahkan mandi menggunakan air bersuhu dingin saat demam.

Untuk mengurangi demam maka, pakailah air hangat yang tak terlalu mendidih untuk membasahi kain yang akan digunakan untuk kompres.

Penjelasan tersebut juga didukung oleh Dokter spesialis anak dr. Devi Kristiani, Sp.A.

"Kalau demam, yang betul adalah kompres air hangat karena pori-pori di permukaan kulit akan membuka dan pembuluh darah akan melebar mengeluarkan panasnya," ujar dr. Devi dikutip dari Anatara, Sabtu (10/9/2022).

photo(Ilustrasi) Kompres Dingin - (Freepik)</span

Langkah-langkah mengompres demam dengan air hangat

Mengutip penjelasan Halodoc yang ditinjau oleh dr. Fadhli Rizal Makarim, berikut langkah-langkah untuk mengurangi suhu tubuh saat demam dengan air hangat.

  • Siapkan kain lembut dan baskom atau ember berisi air hangat,
  • Air hangat tersebut tak boleh bersuhu mendidih,
  • Rendam kain di air hangat dan lipat menjadi kompres,
  • Letakkan kain tersebut di sela-sela ketiak,
  • Ganti kain saat suhunya sudah dingin.

Selain dengan kompres, dr. Fadhli juga menganjurkan pemberian obat, istirahat yang cukup, dan memberikan makanan hangat seperti sup.

Baca Juga :

SUMBER: SUARA.COM/Armand Ilham

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI