Sukabumi Update

Telekonseling Gratis Jelang Hari Kesehatan Mental Sedunia, Simak Cara Daftarnya!

SUKABUMIUPDATE.com - Menjelang World Mental Health Day (Hari Kesehatan Mental Sedunia), Ikatan Psikolog Klinis Indonesia membuka telekonseling gratis bagi seribu orang dengan psikolog berlisensi.

Telekonseling adalah proses memberikan bantuan secara psikologis oleh konselor dengan tujuan membantu klien menemukan solusi atas permasalahan yang tengah dihadapi yang dilakukan dari jarak jauh

Mengutip dari Tempo.co, waktu pendaftaran peserta acara bertajuk Bakti Psikolog Klinis untuk Bangsa itu dibuka mulai 12 - 30 September 2022.

Baca Juga :

Menurut Ketua Pelaksana, Aulia Iskandarsyah, beberapa masalah kesehatan mental yang dapat ditangani oleh Psikolog Klinis yaitu kecemasan berlebihan, depresi, trauma psikologis, pikiran atau perilaku yang menyakiti diri sendiri atau orang lain.

Selain itu terkait perilaku kecanduan, masalah citra tubuh, gangguan makan, gangguan tidur, autis, ADHD, kesulitan belajar.

“Dan masalah perilaku lainnya yang mengganggu pengembangan diri,” kata dosen di Fakultas Psikologi Departemen Psikologi Klinis Universitas Padjadjaran itu, Selasa, 13 September 2022.

photoIlustrasi Konseling Gratis dengan Psikolog - (Freepik)</span

Aulia mengatakan, pelayanan Psikologi Klinis merupakan aktivitas pemberian jasa dan praktik untuk menolong individu atau kelompok untuk pemeriksaan dan intervensi psikologis sebagai upaya promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, maupun paliatif pada masalah psikologi klinis.

Konsultasi jarak jauh secara daring atau telekonseling lewat aplikasi Zoom itu rencananya dimulai pada 27 September hingga 8 Oktober 2022. Adapun World Mental Health Day ditetapkan pada 10 Oktober.

Durasi telekonseling per sesi selama 45 menit. Klien dapat memilih hari dan jam antara Senin-Sabtu dari pukul 08.00-20.00 WIB.

Syaratnya, partisipan minimal berusia 16 tahun dan bersedia meluangkan waktu 45 menit untuk konseling. Pendaftarannya melalui laman https://ipk.id/pbp22. 

Baca Juga :

SUMBER: TEMPO.CO/ANWAR SISWADI

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI