Sukabumi Update

Jamur Unik Ditemukan Oleh Peneliti pada Penyakit Kanker, Apakah Berbahaya?

SUKABUMIUPDATE.com - Peneliti mungungkapkan penemuan terbarunya terkait jamur yang bersembunyi di dalam tumor. Jamur tersebut berada di beragam jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker pankreas, dan kanker payudara.

Dilansir dari Suara.com, tapi sayangnya, pemerintah belum memastikan lebih jauh apakah jamur ini mempengaruhi perkembangan kanker.

Mengutip Live Science, Selasa (4/10/2022) penemuan ini dipublikasi di Jurnal Cell pada 29 September 2022, menemukan DNA sel jamur yang bersembunyi di tumor seluruh tubuh.

Baca Juga :

Dalam penelitian ini peneliti memeriksa keberadaan jamur di 35 jenis kanker, dengan cara memeriksa 17.000 sampel jaringan, darah dan plasma dari pasien kanker.

Tapi tidak setiap sampel tumor diuji positif mengandung jamur, tapi secara keseluruhan, tim menemukan jamur di 35 jenis kanker yang diperiksa.

"Beberapa tumor tidak mengandung jamur sama sekali, tapi beberapa jumlah jamur yang banyak," ujar Peneliti Senior Ahli Biologi Kanker, Weizmann Institute of Science di Rehovot Israel, Ravid Straussman.

Dari temuan ini Straussman memperkirakan beberapa tumor mengandung satu sel jamur per setiap 1.000 hingga 10.000 sel kanker. Apalagi satu tumor kecil bisa mengandung 1 miliar lebih sel kanker.

"Jadi bisa Anda bayangkan bahwa jamur mungkin punya efek besar pada biologi kanker," terang Straussman.

Selain itu Straussman juga menemukan setiap jenis kanker mengandung spesies jamur yang unik, termasuk jamur yang tidak berbahaya, tapi bisa juga tetap menyebabkan penyakit.

Hasilnya spesies jamur ini sering berdampingan dengan bakteri tertentu di dalam tumor. Tapi belum diketahui bagaimana mikroba saling berinteraksi di dalam tumor.

Baca Juga :

SUMBER:SUARA.COM

Writer : Ikbal Juliansyah

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI