Sukabumi Update

Dr. Zaidul Akbar Ungkap Manfaat Posisi Tidur Miring ke Kanan untuk Kesehatan

SUKABUMIUPDATE.com - Sudah tahukah Anda jika posisi tidur ternyata berkaitan dengan kesehatan tubuh manusia? Hal tersebut diungkapkan oleh dr. Zaidul Akbar.

Melansir dari Cianjur.suara.com (Portal Suara.com), dr. Zaidul Akbar membagikan ilmu tentang tiga manfaat utama tidur dengan posisi miring ke kanan, hal ini dibahas secara lengkap dalam karyanya Jurus Sehat Rasulullah.

Baca Juga :

Setelah lelah beraktivitas seharian, hal yang paling dibutuhkan oleh tubuh manusia adalah beristirahat. Dalam hal ini adalah tidur.

photoIlustrasi Tidur - (Freepik)</span

Selain membuat tubuh kembali segar, tidur juga membuat otak manusia beristirahat sejenak dari dalam mengontrol emosi, gerak tubuh, serta interaksi sosial.

Rasulullah SAW memberikan contoh kepada umatnya dalam segala hal, salah satunya posisi saat tidur.

Ketika tidur Rasul menganjurkan umatnya untuk miring ke kanan. Hal ini bukan tanpa alasan, ternyata secara medis banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita.

Mengutip dari buku Jurus Sehat Rasulullah karya Dokter Zaidul Akbar pada Minggu (10/9/2022), berikut tiga manfaat utama tidur posisi miring ke kanan:

1. Memelihara Fungsi Saluran Pernapasan

Posisi tidur miring ke kanan bisa mencegah lidah ke pangkal yang mengganggu saluran pernapasan.

Berbeda halnya dengan orang yang tidurnya terlentang. Tidur terlentang dapat membuat seseorang kekurangan oksigen.

Selain mendengkur, efek yang ditimbulkan dari posisi tidur terlentang adalah membuat kepala pusing saat terbangun.

2. Menjaga Keseimbangan Jantung

Bagaimana tidak, ketika di posisi tidur seperti ini, Jantung tidak tertimpa organ lain. Sehingga kinerja Jantung semakin lancar.

3. Menjaga Kesehatan Paru-paru

Paru-paru kiri lebih kecil dibandingkan dengan Paru-paru kanan. Jika tidur miring ke sebelah kanan, Jantung akan condong ke sebelah kanan. Hal ini tidak masalah karena Paru-paru kanan lebih besar.

Dalam buku Jurus Sehat Rasulullah tersebut, Dokter Zaidul Akbar juga menjelaskan Rasulullah juga terkadang tidur miring ke kiri untuk sementara, kemudian kembali miring ke kanan.

Baca Juga :

SOURCE: CIANJUR.SUARA.COM

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI