Sukabumi Update

Cara Mengobati Kaki Leleuncangeun, Efektif! Rasa Gatal Langsung Hilang!

SUKABUMIUPDATE.com - Kutu air atau orang Sunda menyebutnya dengan leleuncangeun merupakan infeksi yang disebabkan oleh jamur tinea dan biasanya menyerang kaki.

Kutu air sendiri sebenarnya bukan kondisi yang berbahaya, namun tentu saja mengganggu karena menyebabkan rasa gatal bagi penderitanya.

Melansir dari Suara.com, Leleuncangeun ini dapat diobati dengan krim bebas resep, salep, atau obat topikal lainnya yang dioleskan langsung ke ruam. 

Namun, perlu Anda tahu jika ada sederet cara alami untuk mengatasi Leuncangeun pada kaki Anda yang dapat dilakukan di rumah saja.

#SHOWRELATEBERITA

Dan melansir dari situs Very Well Health, berikut ini cara mengobati kutu air secara alami yang bisa Anda coba di rumah yang diklaim efektif.

Berikut Cara Mengobati Kutu Air atau Leleuncangeun

Ilustrasi Kutu Air | Foto: Shutterstock
Ilustrasi Kutu Air | Foto: Shutterstock

Satu-satunya cara untuk menyembuhkan kutu air adalah dengan obat antijamur. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakan gejala sampai obat mulai bekerja.

Penting juga untuk melakukan semua yang Anda bisa untuk mencegah jamur menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda atau ke orang lain atau hewan peliharaan. 

  1. Untuk meredakan gatal, oleskan kompres dingin ke area yang tidak nyaman selama 20 hingga 30 menit setiap kali diperlukan. 
  2. Jamur menyukai kehangatan dan kelembapan, jadi jaga agar area yang terkena kurap tetap bersih dan kering. Usai dicuci, pakai handuk berbeda untuk mengeringkan anggota tubuh yang terinfeksi. 
  3. Hindari dulu memakai pakaian atau alas kaki yang membuat Anda berkeringat.
  4. Selalu mandi setelah Anda berolahraga untuk menghilangkan keringat dan mengeringkan secara menyeluruh.
  5. Ganti semua pakaian Anda setiap hari.
  6. Cuci semua yang Anda kenakan atau sentuh dengan air panas sebelum memakai atau menggunakannya lagi. Ini berlaku untuk baju, handuk, serta kompres yang digunakan.
  7. Jangan menutupi kutu air atau kurap dengan perban atau pembalut lainnya.
  8. Selalu cuci tangan dengan bersih setelah menyentuh area yang terkena kurap atau kutu air.

Kurap atau kutu air sangat menular, oleh karena itu sangat penting untuk melakukan segala yang Anda bisa untuk mencegahnya menyebar ke orang lain. 

Demikian informasi mengenai cara mengobati kutu air atau Leleuncangeun yang bisa Anda coba di rumah. Yuk jangan malas untuk selalu jaga kebersihan. Semoga informasi ini bermanfaat!

#SHOWRELATEBERITA

Sumber: Suara.com (Ulil Azmi)

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI