Sukabumi Update

Kaki Anda Kekeongeun? Begini Cara Ampuh Mengobatinya di Rumah Saja

SUKABUMIUPDATE.com - Cantengan atau orang Sunda menyebutnya Kekeongeun adalah kondisi dimana sisi kuku atau ujung kuku tumbuh ke dalam daging. 

Kekeongeun ini ditandai dengan nyeri, bengkak, dan kemerahan pada area jari kaki yang kukunya tumbuh ke dalam. Kekeongeun ini biasanya paling sering terjadi pada ibu jari kaki.

Kondisi tersebut tentu saja dapat mengganggu aktivitas seseorang yang mengalami, karena rasa nyeri yang ditimbulkan.

Nah, untuk Anda penderita kekeongeun yang tidak disertai infeksi dapat ditangani di rumah saja dengan beberapa cara dibawah ini seperti melansir dari Suara.com.

1. Rendam Kaki dengan Air Garam

Jika mengalami Anda mengalami kekeongeun pada kuku kaki, cara yang dapat dilakukan untuk mengobatinya adalah dengan merendam kaki yang sudah dicampur dengan garam. 

Rendam kaki dengan air garam selama 20 menit untuk melembutkan area kuku yang kekeongeun.

2. Gunakan Cuka Apel

Selain menggunakan air garam, Anda dapat merendam kaki yang cantengan dengan campuran air dan cuka apel. 

Cuka apel ini mampu untuk mengurangi nyeri infeksi pada area kaki yang cantengan.

3. Gunakan Obat Oles

Sering kali kuku cantengan disertai dengan gejala nyeri yang tidak bisa ditahan. Jika mengalami kondisi ini, Anda disarankan untuk meminum obat pereda nyeri. Minum obat pereda nyeri ini harus sesuai dengan dosis serta petunjuk yang disarankan

5. Gunakan Sepatu Terbuka 

Cara ini dilakukan untuk pencegahan dan mengatasi gejala kaki kekeongeun. Sepatu yang terbuka merupakan sepatu yang masih memiliki sirkulasi udara untuk agar cantengan tidak makin parah. 

Sepatu terbuka juga tidak memberikan tekanan pada jari kaki agar tidak infeksi. 

Demikian cara mengobati kuku cantengan sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah. Apabila kuku kaki kekeongeun tidak kunjung sembuh atau semakin parah, diharuskan untuk menghubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda!

#SHOWRELATEBERITA

Sumber: Suara.com (Muhammad Zuhdi Hidayat)

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI