Sukabumi Update

Mencabut Bulu Hidung Sembarangan Berbahaya, Ketahui 3 Dampaknya!

SUKABUMIUPDATE.com - Bulu hidung yang tumbuh sampai keluar lubang bagi sebagian orang tentunya mengganggu dan membuat tidak percaya diri.

Alasan itulah yang menyebabkan banyak orang berani mencabut bulu hidung sembarangan. Namun, pada kenyataannya hal tersebut berbahaya lho.

Melansir dari Healthline, bulu hidung berfungsi untuk menjaga agar debu, alergen, dan partikel kecil tidak masuk ke paru-paru. 

Jadi dengan menghilangkan bulu hidung, maka akan ada kemungkinan membuat Anda menjadi lebih sensitif terhadap berbagai jenis kotoran.

Selain itu, mencabut bulu hidung dapat menyebabkan iritasi, infeksi, bahkan komplikasi. Berikut komplikasi yang bisa terjadi jika Anda mencabut bulu hidung sembarangan seperti melansir dari Tempo.co:

1. Bulu Hidung Akan Tumbuh ke Dalam

Ini adalah komplikasi yang paling umum terjadi jika Anda mencabut bulu hidung. Gejala yang paling umum ketika bulu hidung tumbuh ke dalam adalah pembentukan benjolan seperti jerawat, rasa sakit, dan rasa gatal. 

Keadaan ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya, namun jika terjadi kronis, akan lebih baik jika kamu menemui dokter.

2. Vestibulitis hidung

Ketika mencabut bulu hidung, akan ada kemungkinan terjadi luka. Lalu jika luka ini terinfeksi oleh bakteri Staphylococcus, maka akan terjadi infeksi staph yang akan mengakibatkan ruang depan hidung menonjol dari wajah. 

Gejala paling umum adalah kemerahan di dalam dan di luar hidung, adanya benjolan seperti jerawat, ada kerak yang menumpuk, dan rasa sakit.

3. Furunkulosis Hidung

Ini merupakan infeksi dalam folikel bulu hidung dan paling umum terjadi pada orang yang memiliki defisiensi imun. 

Infeksi furunkulosis ini biasanya akan menyebabkan rasa sakit, kemerahan, dan pembengkakan. 

Namun dalam beberapa kasus, infeksi ini juga bisa menyebabkan komplikasi serius jika firus menyebar ke pembuluh darah yang menuju ke otak. Komplikasi yang bisa terjadi seperti:

Thrombosis sinus cavernosus, merupakan pembentukan bekuan darah di bagian otak tepat di belakang mata.

Selulitis, merupakan infeksi bakteri yang bisa mempengaruhi kulit dan jaringan-jaringan di bawahnya.

Meningitis bakterial akut, merupakan peradangan pada jaringan yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang.

Itulah bahaya mencabut bulu hidung jika dilakukan dengan sembarangan.

#SHOWRELATEBERITA

Sumber: Tempo.co (Fani Ramadhani)

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI