Sukabumi Update

Sering Overthinking Hingga Insomnia? Hati-hati Anak Muda, Ini Cara Mengatasinya

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak anak muda mengeluhkan sering banyak berpikir atau overthinking saat malam hari terutama menjelang tidur hingga tak jarang menyebabkan insomnia.

Dilansir dari Suara.com, menurut Health Influencer Reza Andriyanto disebabkan karena kurangnya olahraga.

Lelaki yang juga Winner L Men 2022 ini mengatakan, berpikir berlebihan menandakan tubuh masih punya banyak energi meski fisik sudah lelah, sehingga dengan olahraga overthinking bisa diatasi dan bisa tidur lebih awal.

"Aku bilangnya tubuh punya energi, energi yang berlebih itu suka bikin kita overthinking. Sama kayak anak kecil aja sih, kalau dia energi tubuhnya nggak dihabisin, dia rewel kan. Makanya olahraga menghabiskan energi kita supaya bisa reda, jadi bisa lelah," ujar Reza dalam acara diskusi Nutri Class di Tebet Ecopark, Kamis (3/11/2022).

Lelaki kelahiran Solo, Jawa Tengah itu juga menceritakan pengalamannya kerap overthinking di malam hari. Ia  merasakan perbedaan yang sangat signifikan setelah beraktivitas fisik sebelum tidur seperti beberes atau berolahraga.

"Jadi cobain deh seminggu tanpa olahraga dan seminggu olahraga. Pasti jam 10 atau 11 malem udah ngantuk, udahlah kerjaan dikerjain besok aja. Jadi kita bisa melepas ketegangan itu karena badan kita sudah shutdown," cerita Reza.

Adapun jenis olahraga atau aktivitas fisik untuk cegah overthinking di malam hari bisa berupa jogging, main tenis, futsal, bulutangkis atau bahkan membersihkan rumah yang menuntut tubuh banyak bergerak.

Tapi lelaki kelahiran 1994 ini mengingatkan untuk memberi jeda 2 hingga 3 jam sebelum waktu tidur, tujuannya agar tidak jadi bumerang. Ini karena berolahraga tepat 1 jam sebelum tidur hanya akan membuat sulit tidur atau insomnia.

Inilah sebabnya Reza menyarankan berolahraga sebaiknya di sore atau di pagi hari.

"Jadi idealnya kita tidur jam 10, terakhir olahraga berarti jam 7 dan jam 8, karena kalau kebanyakan orang baru main futsal jam 9 malam, dan badannya jadi segar, badannya jadi penuh dengan hormon serotonin, happy merasa segar, akhirnya nggak tidur sampai jam 2 pagi," tutup dia.

#SHOWRELATEBERITA

Sumber: Suara.com

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI