Sukabumi Update

Kesehatan Tubuh Menurun, Simak 4 Dampak Jika Durasi Jam Kerja Berlebihan

SUKABUMIUPDATE.com - Jam kerja yang berlebihan kerap kali menjadi permasalahan yang dialami oleh para karyawan kantor. 

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2021 sendiri sudah dijelaskan jika waktu kerja dalam 1 (satu) minggu seharusnya 40 Jam. Jika melebihi waktu tersebut dihitung sebagai waktu kerja lembur.

Bukan tanpa alasan, peraturan tersebut tentu saja dibuat dengan mempertimbangkan beberapa aspek, salah satunya adalah kesehatan. Pasalnya, durasi kerja yang panjang memang berkaitan erat dengan kesehatan tubuh.

Oleh karenanya, pahami empat bahaya yang mengancam saat memiliki durasi jam kerja panjang seperti melansir dari Suara.com sebagaimana dihimpun dari laman Huffpost: 

1. Berisiko Serangan Jantung atau Stroke

Ilustrasi serangan jantung yang terjadi di waktu subuh.
Ilustrasi Serangan Jantung | Foto: Istimewa
Bekerja terlalu lama tentu berpengaruh pada kesehatan dan terkadang bisa berakhir fatal.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia dan Organisasi Perburuhan Internasional, jam kerja lebih dari 55 per minggu dikaitkan dengan risiko stroke 35% lebih tinggi dan risiko kematian akibat penyakit jantung 17% lebih tinggi dibanding dengan yang bekerja di bawah jam tersebut.

"Jam kerja panjang bisa meningkatkan stres yang merusak sel di otak dan jantung dan memicu respons perilaku berisiko seperti kurang latihan fisik, waktu tidur kurang, dan diet tak sehat," ungkap Frank Pega, salah satu petugas teknis WHO.

2. Kesehatan Mental Terganggu

Ilustrasi depresi.
Ilustrasi Depresi | Foto: Istimewa
Jam kerja panjang tentu berdampak buruk pada jiwa. Pada sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan jurnal PLOS One, para peneliti menemukan bahwa semakin lama karyawan bekerja, semakin tinggi tingkat stres, depresi, dan melakukan percobaan bunuh diri.

3. Kemampuan Bekerja Berkurang

Ilustrasi Kemampuan Bekerja Menurun | Foto: Istimewa
Ilustrasi Kemampuan Bekerja Menurun | Foto: Istimewa
Durasi lama bekerja juga mengganggu performa serta produktivitas. Kinerja kerja dapat menurun drastis dan bisa menimbulkan beragam kesalahan, kecelakan dan penyakit yang membebankan biaya pada pemilik usaha.

4. Tidur Terganggu

Ilustrasi orang kurang tidur.
Ilustrasi Tidur Terganggu | Foto: Istimewa
Durasi tidur yang singkat menjadi masalah paling harus diperhatikan berkaitan dengan jam kerja yang panjang. 

Padahal tidur menjadi salah satu rutinitas penting yang harus dilakukan. Kekurangan tidur tidak hanya mempengaruhi kesehatan namun berdampak pada kualitas kerja.

#SHOWRELAREBERITAIlustrasi Kerja Lembur Berlebihan | Foto: Freepik
Ilustrasi Kerja Lembur Berlebihan | Foto: Freepik

Sumber: Suara.com

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI