Sukabumi Update

Hati-hati Sering Menahan BAB, Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan yang Parah

SUKABUMIUPDATE.com - Menahan Buang Air Besar (BAB) dengan alasan apapun tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan. Jika terlalu sering menahan BAB, tentunya tubuh akan mengalami sembelit dan beresiko terkena gangguan kesehatan.


Mengutip publikasi Why People Should Not Hold in Their Poop dalam Medical News Today, ketika orang terbiasa menahan buang air besar bisa membahayakan kesehatan


Orang harus buang air besar ketika merasa kebelet atau mulas. Meskipun waktunya tidak selalu tepat, dokter menyarankan untuk segera buang air besar, seperti yang dikutip dari Tempo.co


Bahaya sering menahan BAB


Saat menahan BAB, usus bagian bawah menyerap air dari feses yang menumpuk di rektum. Dalam situasi yang lebih parah, kebiasaan itu bisa menyebabkan inkontinensia atau ketidakmampuan menunda buang air. 


Masalah kesehatan lainnya yang lebih parah, antara lain impaksi tinja yaitu ketika feses yang keras dan kering tersangkut di usus besar atau rektum, dan adanya lubang di dinding saluran pencernaan.


Menahan buang air besar juga bisa menyebabkan distensi atau peregangan di rektum. Jika orang itu kehilangan sensasi di dalam rektum disebut hiposensitivitas rektal. Setelah itu kemungkinan hilang kemampuan menunda BAB.


Merujuk laporan dalam National Institutes of Health, peningkatan beban tinja di usus besar meningkatkan jumlah bakteri. Kondisi itu rentan menyebabkan radang usus besar dalam jangka panjang. 


Peradangan itu bisa meningkatkan risiko berkembangnya kanker usus besar. Laporan itu juga menunjukkan hubungan antara menahan BAB dan radang usus buntu, wasir.


Sumber: Tempo.co


#SHOWRELATEBERITA


Writer: Ikbal Juliansyah

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI