Sukabumi Update

Penting Untuk Perempuan! Cegah Kanker Serviks dengan Melakukan Pap Smear,Apa Itu?

SUKABUMIUPDATE.com - Kanker Serviks merupakan masalah kesehatan serius yang mengintai perempuan. Namun kanker ini bisa dicegah salah satunya dengan melakukan pap smear. Apa itu dan seberapa sering Anda harus melakukan pap smear?

Dilansir dari Tempo.co, menurut spesialis obstetri dan ginekologi, Margo Harrison, rekomendasinya adalah melakukan pap smear setiap tiga tahun jika Anda berusia antara 21 dan 30, dan setiap tiga hingga lima tahun setelah itu.

Pap smear adalah layar yang digunakan oleh dokter untuk menemukan perubahan pada sel-sel leher rahim yang dapat menyebabkan kanker. Tes pap secara teratur dianjurkan karena sangat meningkatkan kemungkinan kanker serviks terdeteksi lebih awal, dan semakin dini ditemukan, semakin baik prognosisnya.

Menurut para ahli, tidak ada satu jawaban yang cocok untuk semua hal ini, karena seberapa sering wanita harus melakukan pap smear tergantung pada usia dan riwayat ginekologi mereka. Namun, “aturan praktis yang baik adalah bahwa wanita usia 21-29 harus melakukan tes pap setiap tiga tahun dan wanita yang lebih tua dari itu terus mendapatkan tes pap setiap tiga tahun atau memilih untuk tidak melakukan tes,” kata Dr. Harrison.

Wanita di bawah 21 tahun tidak perlu melakukan pap smear dan wanita di atas usia 30 tahun hanya perlu menunggu lima tahun antara tes jika tes pap digabungkan dengan tes HPV. Perlu juga dicatat bahwa jika Anda memiliki hasil pap yang tidak normal, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin menyarankan agar Anda melakukan tes lebih teratur.

Jika Anda belum pernah melakukan tes pap sebelumnya, atau sudah cukup lama Anda lupa, Anda mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya yang diperlukan. Nah, prosesnya cukup cepat (Jika tidak sepenuhnya tanpa rasa sakit).

Anda akan diminta untuk membuka pakaian dari pinggang ke bawah dan dokter akan memasang spekulum di dalam vagina untuk memvisualisasikan serviks dan mengumpulkan sampel menggunakan kuas. "Spekulum dan pap smear itu sendiri bisa membuat tidak nyaman, tetapi seharusnya lebih menekan daripada rasa sakit," ujar Dr. Harrison.

Namun Anda tidak harus terus melakukan pap smear selamanya. Menurut Dr. Harrison, wanita harus berhenti melakukan skrining kanker serviks setelah usia 65 tahun jika mereka tidak memiliki riwayat sel serviks yang abnormal atau kanker serviks, dan mereka memiliki tiga hasil tes pap negatif berturut-turut, dua tes HPV negatif. berturut-turut, atau dua hasil co-test negatif (HPV dan pap smear) berturut-turut dalam sepuluh tahun terakhir. Tes terbaru seharusnya dilakukan dalam 3 - 5 tahun terakhir tergantung pada tesnya.

Jika Anda mendapatkan hasil abnormal dari tes pap Anda, jangan panik. “Banyak wanita memiliki hasil skrining kanker serviks yang tidak normal dan hasil yang tidak normal tidak berarti Anda menderita kanker,” jelas Dr. Harrison. Meskipun demikian, hasil yang tidak normal berarti Anda harus kembali ke ginekolog untuk pengujian tambahan (dan melihat serviks Anda lagi) untuk menentukan langkah selanjutnya.

#SHOWRELATEBERITA

Sumber: Tempo.co (Purewow)

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI