Sukabumi Update

Donor Darah Rutin Ganas dan PMI Sukabumi di Universitas Nusa Putra

Seorang pendonor yang sedang diambil darahnya dalam kegiatan donor darah rutin Ganas dan PMI Kab. Sukabumi, yang dilaksanakan di Universitas Nusa Putra, | Foto: Abdi/sukabumiupdate

SUKABUMIUPDATE.com - Gerakan Anti Narkoba dan HIV Aids (Ganas) bersama PMI Kabupaten Sukabumi kembali menggelar donor darah di Universitas Nusa Putra, pada Jumat (2/12/2022). Kegiatan ini untuk mendukung ketersediaan darah di PMI bagi warga atau pasien yang membutuhkan.

Unit kegiatan mahasiswa Nusa Putra Ganas kembali mengambil peran sebagai fasilitator.
Donor darah berlangsung sejak pukul 8 pagi di auditorium Universitas Nusa Putra, jalan raya Cibatu Cisaat nomor 21, Cibolang Kaler,Cisaat.

“Kita rutin, tiga bulan sekali kita fasilitasi donor darah untuk PMI,” jelas Aulia Ramadani selaku ketua umum UKK Ganas kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Mengenal Telemedicine, Ganas Nusa Putra Sukabumi Bicara Pentingnya Vaksinasi

Aktivis ganas mengambil peran pendaftaran dan ikut membantu jadi pendukung medis untuk pemeriksaan kesehatan. “Proses transfusi pengambilan darahnya dilakukan oleh PMI. Alurnya pendaftaran, tes tensi darah, dilanjut dengan tes darah hingga terakhir pengambilan darah,” sambung Aulia.

Jumlah pendonor dalam setiap kegiatan, lanjutnya tidak kurang dari 50 orang. Selain menyasar mahasiswa dan civitas akademika nusa putra, Ganas juga mengajak warga sekitar kampus, atau umum untuk berdonor darah.

“Dari data yang masuk hingga pukul 10.30 wib, tercatat sudah ada sekitar 53 orang yang mendaftar untuk dilakukan pengambilan darah,” beber Aulia.

Baca Juga: UKK Ganas Nusa Putra Gelar Tes Golongan Darah dan HIV/AIDS Bagi Mahasiswa

Ia menjelaskan awal kegiatan rutin ini dimulai pada Juni 2022. “Untuk yang lainnya semoga bisa berpartisipasi (dalam kegiatan donor darah), karena kan beramal tidak hanya dari materi ya, dari darah juga bisa,” tutup Aulia saat ditemui di auditorium Universitas Nusa Putra.

Reporter: Abdi/Magang

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT