Sukabumi Update

Mudah Menular, Ini 6 Cara Mencegah Penularan Flu atau Influenza

(Ilustrasi) Orang yang mengalami flu | Foto: Unplash

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa pemain Timnas Prancis di Piala Dunia 2022 dikabarkan terserang Flu Unta jelang laga final melawan Argentina.

Terlepas dari kabar Flu Unta tersebut, Flu sendiri merupakan penyakit pernapasan yang sangat menular. Penyakit ini umumnya disebabkan infeksi virus influenza. Saat kondisi parah flu dapat menyebabkan komplikasi seperti pneumonia, dan bahkan kematian.

Mengingat penyakit ini sangat menular, lantas bagaimana cara mencegah penularan flu agar tidak makin meluas?

Baca Juga: Mengenal Flu Unta, Penyakit yang Menyerang Timnas Prancis Jelang Final Piala Dunia 2022

Melansir dari Tempo.co, selain mendapat vaksinasi flu atau influenza, pencegahan penularan flu bisa dilakukan oleh diri sendiri. Di antaranya dengan:

1. Hindari kontak langsung

Mengutip CDC, hindari kontak dekat dengan orang yang sedang sakit. Begitu Pula sebaliknya, jika sedang sakit jaga jarak dari orang lain untuk mencegah penularan.

2. Tidak keluar rumah

Jika memungkinkan, jauhi pekerjaan, sekolah, dan tugas saat sedang sakit. Ini akan membantu mencegah penyebaran penyakit kepada orang lain.

Baca Juga: Resep Ayam Rujak Tanpa Santan, Rasa Gurih dan Asamnya Bikin Nagih

3. Gunakan masker

Tutupi mulut dan hidung menggunakan tisu saat batuk atau bersin atau gunakan masker. Ini dapat mencegah orang-orang di sekitar tertular sakit. Karena virus flu bisa menyebar melalui cairan batuk, bersin, dan cipratan ludah atau droplet saat berbicara.

4. Rutin cuci tangan

Sering mencuci tangan akan membantu melindungi dari kuman. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Pertama Lawan Kamboja

5. Jangan menyentuh wajah

Mengutip Medical News Today, hindari menyentuh area wajah. Terutama mulut, hidung, dan mata. Jikapun ingin menyentuhnya, pastikan cuci tangan terlebih dahulu. Guna memastikan tangan terbebas dari kuman.

6. Jaga kebersihan

Bersihkan dan disinfeksi permukaan yang sering disentuh, baik di rumah, kantor, atau sekolah.
Selain itu, pencegahan flu perlu didukung tidur dan istirahat yang cukup. Rutin berolahraga, mengelola stres, minum banyak cairan, dan konsumsi makanan bergizi.

Sumber: Tempo.co/Delfi Ana Harahap

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT