Sukabumi Update

Harus Dihindari, Ini 5 Kebiasaan Minum Kopi yang Buruk Untuk Kesehatan

(Ilustrasi) Ada beberapa kebiasaan minum kopi yang dapat berakibat tidak baik untuk kesehatan (Sumber : iStock)

SUKABUMIUPDATE.com - Minum kopi memang digemari banyak orang, bahkan ada beberapa orang yang menjadikan minum kopi sebagai ‘ritual’ yang wajib dilakukan.

Umumnya orang menikmati secangkir kopi pada pagi hari sebelum memulai aktivitas. Minum kopi sendiri diklaim memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan seperti baik untuk kesehatan jantung.

Namun, perlu diketahui juga ada hal-hal yang harus dihindari agar kebiasaan minum kopi tidak berdampak buruk untuk kesehatan.

Baca Juga: CPNS dan PPPK Harus Tahu! Inilah 153 Arti Singkatan dalam Kepegawaian

Berikut kebiasaan minum kopi yang bisa memperpendek umur, seperti dilansir dari Eat This via Tempo.co.

1. Minum Kopi Terlalu Banyak

Satu studi yang mengevaluasi 40.000 orang dewasa memperhatikan bahwa minum lebih dari empat cangkir kopi sehari dapat berdampak negatif pada umur seseorang.

Namun, para ilmuwan yang menulis studi mencatat minum kopi 28 cangkir seminggu tidak masalah, tepatnya empat cangkir setiap hari, tetapi minum lebih dari itu dapat memperpendek umur.

Baca Juga: Wafat Bulan Desember: Profil Otto Iskandar Dinata, Si Jalak Harupat yang Hilang

2. Banyak Menambahkan Gula

Pernahkah Anda benar-benar melihat informasi nutrisi untuk pesanan kopi? Jika memesan karamel latte ukuran besar di kedai kopi favorit, kemungkinan besar Anda mengonsumsi setidaknya 30 gram gula sekaligus.

Penelitian telah menunjukkan mengonsumsi terlalu banyak gula dapat menyebabkan kematian dini. Dan itu bukan karena obesitas atau penambahan berat badan saja tapi gula dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat menjadi gejala gula darah tinggi, dan jika dibiarkan dapat meningkatkan risiko diabetes.

3. Terlalu Banyak Menambahkan Krimer

Mirip dengan latte manis, jika tidak berhati-hati dengan krimer, kopi juga akan tenggelam dalam gula. Jika menyukai rasa kopi yang lebih manis, berhati-hatilah saat menakar jumlah krimer yang dimasukkan ke dalam cangkir.

Baca Juga: Mulai 2023 Beli LPG 3 Kg Bakal Dibatasi, Harus Menunjukan KTP

4. Kopi Tanpa Kafein

Penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Longevity & Healthspan mengatakan kafein benar-benar dapat membantu memperpanjang umur, meningkatkan kesehatan, dan menunda penyakit terkait usia seperti Alzheimer.

Itu karena kafein dapat membantu pembatasan diet dan mengurangi pensinyalan insulin. Berhati-hatilah dengan berapa banyak kafein yang dikonsumsi.

Menurut studi Advances in Psychiatric Treatment "Neuropsychiatric Effects of Caffeine," mengonsumsi lebih dari 1.000 miligram kafein sehari dilaporkan dapat menyebabkan efek negatif pada tubuh, termasuk peningkatan kecemasan, insomnia, dan masalah pencernaan.

Baca Juga: Tidak Hafal Qunut? Ini Bacaan Doa Singkat yang Bisa Menjadi Pengganti

5. Tidak Minum Sama Sekali

Ada beberapa manfaat minum kopi secara teratur, bahkan dalam hal umur panjang. Menurut AARP, peminum kopi memiliki risiko kematian lebih rendah dibanding yang tidak minum kopi sebesar 10-15 persen. Jadi, mungkin inilah saatnya Anda mulai menyeduh sendiri secangkir di pagi hari.

Sumber: Tempo.co

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT